Kamis, 30 Jul 2020 20:29 WIB

Sambut Idul Adha Ribuan Personel Polisi Disiagakan di Jakarta

M Luthfi Andika - detikOto
Petugas kepolisian melakukan penyekatan gelombang pemudik di Tol Merak, Banten. Hal itu dilakukan untuk cegah warga mudik ke kampung halaman jelang Lebaran. Ilustrasi Polisi saat bertugas Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengatakan siap menyambut Idul Adha dengan mempersiapkan 3.200 personel Ditlantas, demi memudahkan masyarakat beribadah. Seperti yang disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo kepada detikOto.

"Khusus personel Ditlantas ada 749 personel. kalau keseluruhan ada sekitar 3.200 personel yang bertugas," kata Sambodo.

Dalam situs resmi humas Polri dikatakan perkirakan puncak peningkatan volume kendaraan akan terjadi sore hingga malam ini, Kamis (30/7/2020).

Menanggapi hal tersebut, Sambodo menjelaskan usai melakukan apel persiapan seluruh personel akan disebar di beberapa pos pengamanan Hari Raya Idul Adha.
"Khusus dalam menghadapi libur Idul adha yang jatuh hari Jumat dan kita perkirakan pada hari kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Polda Metro Jaya.

Sambodo juga menjelaskan para personel nanti akan disebar di ruas jalan tol, ruas jalur arteri, lokasi - lokasi tempat pemberhentian angkutan umum hingga lokasi-lokasi tempat wisata. "Pengamanan untuk jalur-jalur yang kita perkirakan sampai dengan tanggal 2 Agustus 2020 atau hari minggu. Baik itu di jalur arteri, tol, kemudian di tempat wisata dan juga di tempat ibadah," sambung Sambodo.

Menurutnya, lonjakan jumlah volume kendaraan diketahui karena hari raya Idul Adha ini jatuh di akhir pekan. Untuk arus balik sendiri diprediksi akan terjadi pada hari minggu mendatang.

"Untuk mudik serta pengamanan pada arus balik Idul Adha pada hari Minggu siang sampai dengan Minggu malam. Jumat, Sabtu dan Minggu jadi kita harus persiapkan pengaman anggota di pos - pos pengamanan," tutup Sambodo.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com