Kamis, 30 Jul 2020 16:58 WIB

Tentang Logo Pertamina Fastron di Peluncuran Mobil Terbaru Lamborghini

Doni Wahyudi - detikOto
Lamborghini Essenza SCV12 Pertamina Fastron terpampang pada peluncuran mobil baru Lamborghini, Essenza SCV12 (Lamborghini.com)
Jakarta -

Lamborghini baru saja merilis mobil terbarunya, Essenza SCV12. Khusus untuk dipakai di sirkuit, hypercar itu memajang logo Pertamina Fastron di body-nya.

Lamborghini Essenza SCV12 baru dirilis beberapa jam lalu. Mobil tersebut langsung mencuri perhatian karena spesfikasinya yang mumpuni.

Berbekal mesin 5,6 liter dengan konvigurasi V12, Essenza SCV12 diklaim mampu menghasilkan power sampai 820 HP. Mobil ini hanya bisa dipergunakan di dalam trek, statusnya untuk pemakaian di jalan raya adalah ilegal.

Lamborghini Essenza SCV12 makin terasa spesial karena diproduksi dalam jumlah sangat terbatas. Di seluruh dunia cuma ada 40 unit jenis ini yang tersedia.

Ada satu hal yang menarik publik Indonesia dalam peluncuran Lamborghini Essenza SCV12. Pada kedua sisi pintu terdapat logo Pertamina Fastron. Bagaimana logo Pertamina Fastron bisa muncul pada Lamborghini Essenza SCV12?

Well, kalau kamu belum tahu, Pertamina adalah technical partner Lamborghini Squadra Corse. Itu merupakan departemen motorsport yang dipunya Lamborghini.

Lamborghini Squadra Corse dan Pertamina berkolaborasi mengembangkan 10W-60 Fastron Platinum, varian pelumas yang secara spesifik diformulasikan untuk meningkatkan performa Lamborghini Huracan Super Trofeo dan mesin GT3 V10.

Pelumas yang sama saat ini masih digunakan ajang balapan Lamborghini Super Trofeo one-make championship.

Essenza SCV12 diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Italia itu. Power maksimal yang bisa dihasilkan Essenza SCV12 mencapai 820 HP. Tenaga besar itu datang dari mesin 6,5 liter V12. Untuk menunjang kecepatan, Lamborghini memasang sasis carbon-fiber monocoque dan pipa pembuangan khusus yang bisa mengurangi back pressure.

Masalahnya, Lamborghini Essenza SCV12 ini tak bisa dibawa pulang oleh pembelinya. Mobil ini khusus dipakai di lintasan dan statusnya ilegal digunakan d jalan raya. Dalam paket pembeliannya, Lamborghini menyiapkan juga hangar untuk menyimpan unit mobil ini yang terletak di Italia.



Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com