Kamis, 23 Jul 2020 10:55 WIB

Tak Ada Razia, Ketahuan Langgar Lalu Lintas Langsung Ditilang

Tim detikcom - detikOto
Patugas kepolisian melakukan Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur, Kamis (29/8/2019). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar operasi lalu lintas Operasi Patuh Jaya 2019, dengan tujuan meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Ilustrasi Operasi Patuh. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Mulai hari ini, Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyelenggarakan Operasi Patuh Jaya 2020. Kali ini, Operasi Patuh Jaya 2020 tak ada razia, tetapi petugas pelanggar lalu lintas yang ketahuan petugas langsung ditindak.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo beberapa waktu lalu mengatakan operasi ini tidak dilakukan seperti razia-razia sebelumnya yang ramai. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kerumunan yang berisiko menularkan COVID-19.

"Kita nggak ada razia karena dikhawatirkan akan ada kerumunan," kata Sambodo kepada detikOto akhir pekan lalu,

Dilansir Antara, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, Operasi Patuh Jaya akan menerapkan protokol kesehatan. Petugas di lapangan diminta untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Dengan cara mereka tidak melakukan penindakan dengan cara razia stationer, tetapi dengan cara mobile atau 'hunting' sistem," kata Fahri.

Jika pelanggaran dirasa berkurang, petugas akan mencari lokasi yang sekiranya banyak pelanggaran. "Misalnya dari (Jalan) Hasyim Anshari pindah ke (Jalan) Daan Mogot begitu ya. Jadi ada perpindahan secara mobile," ujarnya.

Operasi Patuh Jaya 2020 juga akan memanfaatkan tilang elektronik. Kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) yang mengandalkan CCTV kembali beroperasi setelah sempat ditidiadakan sementara selama PSBB.

Operasi Patuh Jaya 2020 digelar pada hari ini, 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020. Selama operasi berlangsung, tilang elektronik juga aktif memantau para pelanggar lalu lintas.



Simak Video "Operasi Patuh Jaya Dimulai Hari Ini, 1.807 Personel Diterjunkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com