Rabu, 15 Jul 2020 09:21 WIB

6 Langkah yang Bisa Ditempuh Pemerintah untuk Dukung Penggunaan Sepeda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Hari bebas kendaraan bermotor kembali digelar di Kota Bekasi. Warga pun antusias bersepeda di CFD yang sebelumnya dihentikan sementara guna cegah COVID-19. Pesepeda. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Aktivitas bersepeda akhir-akhir ini digandrungi masyarakat. Pemerintah dituntut untuk mendukung kebiasaan baru masyarakat dalam bermobilitas tersebut.

Kementerian Perhubungan saat ini sedang menyiapkan aturan bagi pengguna sepeda. Aturan tersebut membahas tentang perlindungan keselamatan bagi pengguna sepeda. Ada tiga bab besar yang menjadi sorotan, yakni persyaratan teknis sepeda, tata cara bersepeda, dan fasilitas pendukung sepeda.

Menurut Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, setidaknya ada enam kebijakan yang bisa diambil Pemerintah untuk mendukung sepeda. Apa saja?

"Pertama penambahan pendanaan untuk infrastruktur sepeda seiring dengan pesepeda yang bertumbuh. Pendanaan infrastruktur sepeda sebanding dengan pendanaan yang disediakan untuk program transportasi lain. Di Amerika Serikat pendanaan infrastruktur sepeda naik 40%. Di Inggris, pemerintah memprioritaskan pendanaan £ 2 miliar untuk infrastruktur sepeda, dan sudah digunakan £ 250 juta saat pandemi. Kebijakan ini disebut sebagai kebijakan once in generation, karena untuk pertama kalinya pemerintah memprioritaskan pendanaan untuk infrastruktur sepeda dalam jumlah besar," kata Djoko dalam pernyataan tertulis yang diterima detikcom.

Cara kedua, lanjut Djoko, adalah dengan membuat program baru untuk mengembangkan infrastruktur sepeda yang terhubung di seluruh kota/daerah untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kebijakan infrastruktur sepeda disebut bakal membantu kebijakan pengurangan emisi.

Ketiga, investasi jalur sepeda sebagai jalur rekreasi. Keempat, memberikan insentif komuter sepeda.

"Kelima skema kebijakan pemberian diskon bagi karyawan yang membeli sepeda untuk bekerja. Di Inggris diperkenalkan skema kupon £ 50 per kepala untuk membeli sepeda. Skema yang sama juga dilakukan di Prancis," ucap Djoko.

Terakhir, mendorong pemerintah daerah untuk membuat perubahan signifikan pada tata ruang jalan untuk memberikan lebih banyak ruang bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki.



Simak Video "Suka Bersepeda? Sederet Aplikasi Ini Bisa Membantumu"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com