Selasa, 14 Jul 2020 09:14 WIB

Masih Ada yang Produksi Motor 2 Tak, Begini Wujudnya

Rizki Pratama - detikOto
Langen Motorcycle Langen Motorcycle bermesin 2 tak. Foto: Visordown
Jakarta -

Motor bermesin 2 tak kini hanya menjadi sejarah yang melegenda di dunia motor. Standar emisi yang setiap tahun semakin membuat produksi dan populasi motor jenis ini nyaris lenyap dari peredaran.

Meski begitu, masih banyak orang yang mengagungkan mesin itu dan berupaya menyelamatkannya dari kepunahan. Bahkan teknologi baru-baru ini memungkinkan mesin dua tak dapat diadaptasi untuk pada teknologi motor jaman sekarang.

Langen MotorcycleLangen Motorcycle Foto: Visordown

Salah satu perusahaan motor yang mencoba melestarikan mesin ini adalah Langen Motorcycle. Perusahaan asal Inggris itu baru saja melahirkan motor 2 tak bermesin 250 cc. Motor ini sangat ringan, bobotnya 113 kg saja dengan tampilan utama bergaya cafe racer.

Pada dasarnya motor ini sama dengan motor 2 tak Italia Vins Duecinquanta. Kedua motor sama-sama menggunakan mesin Aprilia RS250GP. Unit V-twin 90 derajat dengan crankshaft itu kini telah menjadi jantung bagi Langen 250cc.

Motor ini dikemas dengan panel berbahan serat karbon yang menyelimuti rangka aluminiumnya. Konfigurasi dapur pacu Langen bermesin 250 cc ini mampu mengeluarkan 80 hp dan torsi 45 nm yang berpadu dengan dengan girboks 6 percepatan.

Spesifikasi lainnya motor ini adalah garpu depan dari Ohlins, suspensi belakang K-Tech, dan rem kaliper HEL. Sayangnya motor ngebut yang ringan lumayan berat di kantong. Motor ini boleh menjadi milik anda apabila sanggup membayar USD 37.700 atau sekitar Rp 547 juta.

Harga mahal itu tentu tak lepas dari semakin langkanya mesin 2 tak. Di Indonesia saja motor 2 tak seperti Yamaha RX King standar bisa dijual dengan harga berlipat-lipat saat ini.



Simak Video "Tebar Teror, 3 Anggota Geng Motor di Sukabumi Diringkus!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com