Sabtu, 11 Jul 2020 06:23 WIB

Kaum Rebahan yang Mau Eksis Gowes, Alat Ini Bikin Kamu Enggak Usah Genjot Saat Bersepeda

M Luthfi Andika - detikOto
Kegiatan Car Free Day (CFD) di Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (28/06/2020), ditiadakan. Tetapi jalur sepeda sementara (pop up bike lane) tetap dibuka. Pesepeda di Jakarta Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Dengan alat ini kamu bisa sepedaan tanpa mengeluarkan banyak tenaga untuk gowes. Sepeda konvensional bisa disulap jadi sepeda bertenaga listrik. Asyik, kan?

Di pasaran saat ini ada dua jenis sepeda yang dijual berdasarkan sumber tenaga yang dipakai. Yang pertama adalah bertenaga dengkul, alias sepeda konvensional yang musti digowes.

Tipe kedua adalah sepeda listrik, yang sesuai namanya ditenagai listrik. Sepeda jenis kedua ini menawarkan kenyamanan karena kalau sudah lelah menggowes, motor bertenaga listrik bisa dihidupkan dan sepeda melaju sendiri.

Kalau kamu tertarik sepeda listrik tapi sudah terlanjur memiliki sepeda konvensional, kami sarankan enggak usah beli sepeda listrik baru. Ada alat yang bisa mengubah sepeda konvensional jadi sepeda listrik. Dari tenaga dengkul menjadi tenaga baterai.

Alfred Andreas dari Goes-on Bosbattery menjelaskan ada dua tipe alat yang bisa 'menyulap' sepeda gowes jadi sepeda listrik. Yang pertama sistem Fiction Drive (yang menempelkan alat bottom braket ke permukaan ban). Yang lainnya adalah Micro Hub (sistem listrik dalam bentuk tromol).

Dalam perbincangan dengan detikOto beberapa hari lalu, Alfred mengklaim sudah banyak orang yang memasang alat tersebut. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengubah sepeda konvensional jadi sepeda listrik?.

Untuk harganya, sistem Fiction Drive (yang menempelkan alat bottom braket ke permukaan ban) Rp 4.980.000 juta sudah termasuk ongkos pasang. Sedangkan untuk Micro Hub Rp 5.150.000 (sistem listrik dalam bentuk tromol)," ucap Alfred.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com