Kamis, 09 Jul 2020 14:18 WIB

Hati-hati! Ini Musuh Sepeda Listrik yang Kerap Bikin Rusak

M Luthfi Andika - detikOto
Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Alat yang menjadi sepeda konvensional menjadi sepeda listrik Foto: Pool (Instagram ebike goes on)
Jakarta -

Bagi pemilik sepeda listrik atau yang baru ingin merambah ke sepeda listrik perlu perhatikan cara merawatnya ya. Karena jika tidak tahu bagaimana cara merawat sepeda listrik dengan baik dan benar, bisa jadi sepeda listrik kesayangan detikers bakal lebih cepat rusak.

Seperti yang disampaikan Alfred Andreas dari Goes-on Bosbattery kepada detikOto. Andreas menjelaskan untuk merawat sepeda listrik tidaklah sulit.

"Untuk merawat sepeda listrik sebenarnya tidaklah sulit. Karena sebenarnya tidak berbeda dengan sepeda biasa," ucap Andreas.

Namun yang harus jadi perhatian ialah saat mencuci sepeda listrik. Pastikan tidak menggunakan air dalam tekanan yang tinggi, agar sistem listrik pada sepeda listrik tidak kemasukan air.

Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Atau Modifikasi sepeda normal menjadi sepeda listrik.Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Atau Modifikasi sepeda normal menjadi sepeda listrik. Foto: Pool (Instagram ebike goes on)

"Kalau soal air, sepeda listrik itu water resistant tapi bukan waterproof. Jadi kalau misalkan kena hujan, cipratan lumpur atau becek-becekan itu tidak masalah, yang penting jangan direndam," katanya.

"Atau jangan menggunakan water pressure (cuci steam) untuk membersihkan. water pressure paling bahaya karena ada tekanan air dan itu bisa masuk ke sela-sela. Semua sepeda listrik tidak boleh menggunakan water pressure," kata Andreas.

"Jadi cuci sepeda listrik itu cukup dielap atau waterdroop (degan tekanan air yang rendah) itu boleh. Sehingga air tidak masuk ke-sela-sela motor listrik atau baterai," ujar Andreas.

Sebagai catatan Alfred menjelaskan untuk bisa menerapkan sistem listrik pada sepeda manual atau konvensional terbilang sangat mudah. Untuk mesin sepeda listrik yang Friction Drive cara memasangnya, pertama harus menyediakan sepedanya, Friction Drive memiliki sistem langsung dipasangkan ke bottom braket pada permukaan ban. Jadi alat ini mendapat gesekan ban sehingga tercipta triksi dengan ban.

Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Atau Modifikasi sepeda normal menjadi sepeda listrik.Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Atau Modifikasi sepeda normal menjadi sepeda listrik. Foto: Pool (Instagram ebike goes on)

Sedangkan untuk yang Micro hub, lanjut Alfred, merupakan sistem listrik dalam bentuk tromol. Karena ini sistem tromol maka bisa dipakai pada bagian depan atau belakang.

Kedua sistem ini hanya memiliki berat di bawah 3 kg sudah termasuk baterai. Keduanya juga diklaim memiliki dimensi yang kecil, ringan, efisien dan tidak mengubah seni bersepeda.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com