Kamis, 09 Jul 2020 12:30 WIB

Modifikasi Sepeda Jadi Enggak Perlu Capek Gowes Lagi, Siapkan Uang Rp 5 Juta

M Luthfi Andika - detikOto
Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Atau Modifikasi sepeda normal menjadi sepeda listrik. Hasil modifikasi sepeda konvensional / biasa menjadi sepeda listrik Pool (Instagram ebike goes on)
Jakarta -

Memodifikasi sepeda normal atau konvensional menjadi sepeda listrik sah-sah saja dilakukan. Tapi berapa besar biaya yang harus dipersiapkan untuk bisa mengubah sepeda normal atau biasa menjadi sepeda listrik ya?

Alfred Andreas dari Goes-on Bosbattery menjelaskan mahal atau tidaknya harga yang ditawarkan agar sepeda biasa menjadi sepeda listrik, merupakan hal subyektif.

"Untuk harganya, sistem Fiction Drive (yang menempelkan alat bottom braket ke permukaan ban) Rp 4.980.000 juta sudah termasuk ongkos pasang. Sedangkan untuk Micro Hub Rp 5.150.000 (sistem listrik dalam bentuk tromol)," ucap Alfred.

Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub.Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Foto: Pool (Instagram ebike goes on)

Alfred juga mengatakan saat ini sudah ada ratusan penggila sepeda yang mengubah sepeda normal atau biasa menjadi sepeda listrik. "ini sudah ratusan sepeda yang menggunakannya, baik menggunakan Friction Drive atau Micro Hub," katanya.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, Alfred menjelaskan untuk bisa memodifikasi atau menerapkan sistem listrik pada sepeda manual atau konvensional terbilang sangat mudah.

Untuk mesin sepeda listrik yang Fiction Drive cara masangnya, pertama harus menyediakan sepedanya, Fiction Drive memiliki sistem langsung dipasangkan ke bottom braket ke permukaan ban. Jadi alat ini mendapat gesekan ban sehingga tercipta triksi dengan ban.

Sedangkan untuk yang Micro hub, lanjut Alfred. Merupakan sistem listrik dalam bentuk tromol. Karena ini sistem tromol maka bisa dipakai pada bagian depan atau belakang.

[Gambas:Instagram]



Namun kedua sistem ini hanya memiliki berat di bawah 3 kg sudah termasuk baterai. Memiliki dimensi yang kecil, ringan, efisien dan tidak mengubah seni bersepeda. Bagaimana detikers tertarik untuk bisa mengubah sepeda biasa atau konvensional menjadi sepeda listrik?



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com