Rabu, 08 Jul 2020 09:07 WIB

Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar saat New Normal

Tim detikcom - detikOto
PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM. Penurunan ini berlaku mulai Minggu 5 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat. Konsumsi BBM Pertamina saat new normal mulai meningkat. Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa
Jakarta -

Indonesia mulai memasuki masa new normal. Aktivitas masyarakat setelah sempat berhenti beberapa bulan kini mulai aktif lagi. Kegiatan mobilitas pun bangkit kembali. Hal itu dilihat dari konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dicatat PT Pertamina (Persero).

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV mencatat kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline (bensin) di wilayah DI Yogyakarta sebanyak 17% di bulan Juni 2020 ketimbang rata-rata harian di bulan Maret hingga Mei 2020 kemarin.

Pjs. General Manager Pertamina MOR IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Rahman Pramono Wibowo, mengatakan konsumsi BBM jenis gasoline (pertamax series, pertalite dan premium) khususnya di wilayah DI Yogyakarta saat ini berada di angka 1.250 Kiloliter (KL) per hari. Padahal, pada bulan Mei 2020 berkisar di angka 1.070 KL per hari.

Produk BBM jenis gasoil atau diesel (Biosolar dan Dex series) juga meningkat sebesar 15% dari 249 KL di bulan Mei 2020 menjadi 285 KL di bulan Juni 2020.

"Pergerakan angka kenaikan konsumsi BBM di bulan Juni ini memperlihatkan adanya peningkatan aktivitas masyarakat saat pemberlakuan new normal meskipun belum signifikan," ujarnya.

Hanya, memang angka konsumsi BBM saat ini masih di bawah kondisi normal seperti Januari-Februari 2020. Saat normal tanpa COVID-19, konsumsi BBM jenis gasoline sebanyak 1.800 KL per hari dan diesel sebanyak 390 KL per hari.

Ditegaskan kembali, saat ini BBM jenis gasoline seperti premium dan pertalite masih tetap disalurkan. Penyaluran produk BBM gasoline di Yogyakarta didominasi oleh Pertalite yang memiliki angka oktan 90 dengan perbandingan penyaluran di SPBU sebesar 63% untuk produk Pertalite, 28% produk Pertamax Series dan 9% untuk produk Premium.

"Kedua jenis produk BBM jenis gasoline yaitu Premium dan Pertalite masih disalurkan di SPBU-SPBU di wilayah DI Yogyakarta sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena produk tersebut masih tersedia sekaligus memiliki ketahanan stok yang cukup di Fuel Terminal BBM Pertamina wilayah MOR IV," ucap Pramono.

Di Surabaya Raya, Pertamina juga mencatat kenaikan konsumsi BBM. Menurut Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus Rustam Aji, konsumsi BBM pada PSBB Transisi menunjukkan tren naik di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo).

Rata-rata harian konsumsi BBM jenis gasoline (bensin) di wilayah Surabaya Raya sampai dengan Sabtu, 20 Juni 2020 lalu, meningkat 19 persen dibandingkan rata-rata konsumsi selama masa PSBB. Konsumsi tercatat 2.500 kiloliter (kl) per hari dibandingkan bulan sebelumnya 2.100 kl per hari.

Begitu juga konsumsi BBM jenis gasoil atau diesel seperti Biosolar dan Dex Series. Menurutnya, konsumsi BBM jenis diesel di wilayah itu meningkat 36 persen. Jumlah konsumsi pada sepuluh hari terakhir sebanyak 1.300 kl per hari, dibandingkan rata-rata konsumsi masa PSBB sebesar 960 kl per hari.



Simak Video "Ahok: Siapapun Korupsi di Pertamina, Kami Lacak Anda!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com