Sabtu, 04 Jul 2020 16:20 WIB

Cerita Dibalik RX King Driver Ojol yang Tidak Terawat Setelah Direstorasi

Luthfi Anshori - detikOto
Sekelompok pecinta motor Yamaha RX King membedah motor RX King milik seorang pengendara Go-Jek tanpa biaya Tim Bedah King merestorasi Yamaha RX King driver Gojek, Hermanto. Foto: Tim Bedah King
Jakarta -

Yamaha RX King milik driver Gojek, Hermanto, tampak tidak terawat setelah 3 tahun direstorasi. Padahal saat proses restorasi pada 2017 lalu, tim Bedah King dari komunitas Bakar Brother Antar Komunitas Antar Riders (BAKAR), berharap motor 2 tak itu akan terus dirawat dan dalam kondisi selalu mulus.

Dijelaskan salah satu anggota tim Bedah King, Marali Ali, RX King hasil restorasi itu kini dalam kondisi sudah sangat memprihatinkan karena mungkin hampir jarang sekali diservis secara berkala oleh pemiliknya. Padahal dari tim Bedah King sendiri sudah mengatakan kepada Hermanto, bahwa urusan servis motor tersebut menjadi tanggung jawab penuh komunitas Bakar.

Kondisi terkini Yamaha RX King HermantoKondisi terkini Yamaha RX King Hermanto Foto: Facebook Bekakas

"Kita sudah beberapa kali berusaha untuk membawa motor tersebut (untuk dirawat-Red). Sebenarnya kita selalu terbuka buat beliau jika mau servis ganti oli dan lain-lain, free tanpa biaya. Tapi pak Hermanto merasa sungkan dan malu. Kayaknya beliau memang sudah tidak mau lagi merepotkan teman-teman," kata Marali, kepada detikOto, Sabtu (7/4/2020).

"Pernah sekali saya berhentikan Pak Hermanto di jalan di daerah Pesing pada tahun 2018. Beliau terlihat merasa malu. Saya tegur, kenapa enggak dirawat lagi pak? Masih kenal saya enggak? Saya Marali. Dan dia menjawab ya kenal. Tapi dia kemudian permisi buru-buru lagi antar barang, dengan wajah malu karena motor tidak terawat. Padahal saat itu saya mau ajak makan dan ngobrol agar motor tersebut bisa terawat kembali," cerita Marali.

Sekelompok pecinta motor Yamaha RX King membedah motor RX King milik seorang pengendara Go-Jek tanpa biayaRestorasi Yamaha RX King driver Gojek, Hermanto Foto: Tim Bedah King

Menurut Marali, sejak pertama kali motor itu direstorasi pada pertengahan 2017 silam, tercatat hanya mendapatkan 2-3 kali perawatan ganti oli dan cek mesin di bengkel komunitas Bakar. "Kita memang kasih free (gratis). Mungkin di situ dia merasa enggak enak (dibantu terus-Red)," lanjut Ali.

Kendati kondisi RX King Hermanto kini tampak tidak terawat, penuh debu, dan lampu sein belakang kiri nyaris patah, Marali mengatakan selalu membuka tangan bagi Hermanto jika ingin memperbaiki motor itu di bengkelnya.

Fokus Bedah RX King Driver GojekBedah RX King Driver Gojek Foto: Zaki Alfarabi

"Kita selalu terbuka buat beliau sampai kapan pun silahkan. Memang itu janji teman-teman. Tapi beliau merasa malu dan sungkan. Kita akhirnya enggak bisa berbuat apa apa," tambahnya lagi.

"Di sisi lain, itulah yang disayangkan saya sama teman-teman. Kondisi motor yang tidak terawat, membuat kita semua menjadi miris. Padahal pesan saya pribadi dan teman-teman cuma satu. Jaga motor ini dan rawat motor ini. Karena di sini banyak uluran tangan kepedulian buat pak Hermanto. Ini sejarah buat kami komunitas RX King. Bagaimana pun pak Hermanto salah satu ikon percontohan buat banyak orang dari kepedulian tanpa membedakan suku ras dan agama. Kita sadar kita ini hanya manusia biasa yang hanya bisa saling membantu," tukas Marali.

Sekelompok pecinta motor Yamaha RX King membedah motor RX King milik seorang pengendara Go-Jek tanpa biayaCerita Dibalik RX King Driver Ojol yang Tidak Terawat Setelah Direstorasi Foto: Tim Bedah King


Simak Video "Cerita Sri Penunggang Beat Saat Bikin Jambret RX-King Terjengkang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com