PSBB Transisi Dilanjutkan, Cek Aturan Berkendaranya

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 02 Jul 2020 08:17 WIB
Memasuki masa transisi PSBB pekan kedua, perkantoran di Jakarta mulai dibuka, Senin (8//6/2020). Arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman terpantau padat.
Kendaraan di Jakarta saat PSBB transisi. Foto: Rengga Sancaya

Menurut Sambodo, volume kendaraan di jalanan Jakarta berangsur kembali normal di masa PSBB transisi. Bahkan, sejumlah titik di Jakarta terlihat lebih padat pada jam tertentu.

"Kalau volume kendaraan di mana masa PSBB transisi ini memang sudah hampir mendekati normal," katanya.

Namun, kata Sambodo, upaya pemerintah pusat menerapkan pengaturan jam kerja 2 gelombang sedikitnya berpengaruh dalam mengurangi penumpukan di KRL. "Ini saya rasa cukup membantu, terutama bagi penumpang angkutan umum yang setiap pagi komuter bergerak dari arah kota-kota di sekitar Jakarta, masuk Jakarta," pungkasnya.

Sebelumnya, disebutkan Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Susilo Dewanto, jumlah pengguna kendaraan pribadi saat PSBB transisi hampir sama dengan kondisi normal.

"Saat ini jumlah pengguna kendaraan pribadi di ibu kota sudah mendekati periode sebelum adanya pandemi, yaitu 96 persen," kata Susilo dalam diskusi daring yang diselenggarakan oleh Institut Studi Transportasi (INSTRAN).

Menurutnya, pengguna sepeda motor mendominasi jalanan Ibu Kota saat PSBB transisi. Sebesar 72,8 persen di antaranya adalah pengguna sepeda motor. Sementara kendaraan roda empat sebesar 26,5% dan kendaraan berat seperti bus atau truk 0,7%.



Simak Video "Minggu Pagi, Sudirman-Thamrin Ramai Warga Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]

(rgr/riar)