Rabu, 01 Jul 2020 14:55 WIB

Hyundai Luncurkan Minibus Listrik, Sekali Isi Baterai Jarak Tempuh 250 Kilometer

Ridwan Arifin - detikOto
Minibus listrik Hyundai, County Electric Minibus listrik Hyundai County Electric (Hyundai)
Jakarta -

Hyundai Motor Company memperkenalkan County Electric -minibus listrik- untuk pasar Korea. Minibus ini sanggup berjalan hingga 250 kilometer untuk satu kali pengisian baterai penuh.

County Electric memiliki panjang dimensi 7.710 mm. Hyundai menawarkan konfigurasi penumpang dengan 15 hingga 33 tempat duduk.

Minibus listrik ini dibekali baterai 128-kWh yang bisa diisi secara penuh dalam waktu 72 menit menggunakan sistem Combo 1 DC. Hyundai juga menyebut bus County Electric bisa dicas ulang menggunakan outlet 220V rumah tangga, tetapi perlu waktu 17 jam.

Hyundai mengklaim minibus ini tidak hanya ramah ekonomis dan ramah lingkungan. Di rentang kecepatan 50 km/jam - 80 km/jam, akselerasi County Electric 30 persen lebih baik dibandingkan model diesel.

Selain itu, bus juga dilangkai sistem pengereman air-over-hydraulic (AOH) yang bsa dikontrol secara elektronik. Cakram rem juga dibuat lebih kuat untuk mengatasi peningkatan bobot yang lebih berat karena penggunaan baterai.

Minibus listrik Hyundai, County ElectricMinibus listrik Hyundai, County Electric Foto: Hyundai

Tidak hanya soal keramahan lingkungan, Hyundai juga membekali County Electric dengan fitur keamanan terbaru untuk mencegah kecelakaan saat penumpang naik dan turun. Sensor tersebut diletakkan di dekat pintu tengah, mencegah pintu untuk menutup saat penumpang naik-turun.

Sensor itu juga membunyikan alarm ketika ada bagian tubuh yang terjepit, dan secara otomatis pintu segera terbuka. Sensor ultrasonik juga terhubung ke pedal akselerasi bus, yang mencegah bus bergerak maju, ketika pergerakan penumpang terdeteksi.

Fitur keamanan County Electric lainnya juga dilengkapi dengan sistem suara mesin virtual dan sistem bantuan parkir belakang untuk memperingatkan pejalan kaki dan mencegah kecelakaan.

"County Electric adalah bus tanpa emisi yang menawarkan fitur keselamatan dan kenyamanan yang luar biasa bagi pengemudi dan penumpang. Dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik di pasar kendaraan komersial, Hyundai mempercepat pengenalan kendaraan seperti County Electric, "kata Yoon Lee, Wakil Presiden dan Kepala Grup Produk Kendaraan Komersial di Hyundai Motor dalam keterangan resminya.



Simak Video "Transjakarta Mulai Uji Coba Bus Listrik Selama 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com