Rabu, 01 Jul 2020 07:24 WIB

Pesepeda Tak Perlu Hirup Asal Knalpot di Jalan Pakai Alat Ini

Rizki Pratama - detikOto
Alat penyaring udara untuk pesepeda IWind penjernih udara. Foto: autoevolution
Jakarta -

Menggunakan sepeda memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika bersepeda di tengah padatnya kendaraan yang mengeluarkan kandungan karbon tentu bersepeda untuk kesehatan tak lagi efisien.

Sebuah perangkat bernama Iwind bisa menjadi solusi dari berkendara sehat tanpa menghirup polusi. IWind terdiri dari 3 bagian utama. Pertama modul penyaringan udara, pipa saluran udara, dan perangkat yang dipasang di depan hidung dan mulut untuk mengirimkan udara segar ke sistem pernapasan anda.

Pengembang IWind mengatakan perangkatnya menyerap udara dan menyaringnya melalui filter yang terpasang di belakang. Udara yang sudah bersih disalurkan melalui pipa dan alat yang terpasang di depan hidung dan mulut.

Menariknya lagi alat ini dapat dengan mudah dipasangkan dengan helm sepeda. Bobotnya pun juga sangat ringan sehingga tidak mengurangi kenyamanan saat memakainya.

"IWind merupakan penjernih udara personal yang inovatif. Ringan dan ergononis, sangat mudah dipasangkan ke helm dengan satu langkah. Kompresor yang kuat mengambil udara, menjernihkannya, dan menyalurkannya ke depan wajah anda. Meskipun berada di tengah kemacetan, anda akan merasa bersepeda di tengah hutan," jelas keterangan dari IWind.

IWind tidaklah lebih berat dari kacamata dan tidak akan aneh jika disematkan pada helm. Alat ini juga tidak akan mengganggu visibilitas pesepeda dan paling utama menawarkan udara bersih bebas polusi.

Alat penjernih udara ini mampu menyaring partikel berukuran 0,4 micro dan juga dilengkapi lapisan antibakteri. Ringkasnya, alat ini memberikan perlindungan dari asap knalpot, debu, dan limbah pabrik.

Untuk meningkatkan perlindungan, ada tambahan masker wajah. Saat dipakai masker ini benar-benar kedap dan pengguna dapat bernapas dengan mudah saat menggunakannya.

Sebagai sumber tenaga kompresornya, IWind menggunakan baterai 1240 Mah yang dapat diisi ulang. Baterai ini dapat bertahan selama 9 jam penggunaan. Untuk mengisi daya membutuhkan waktu selama 3 jam hingga penuh atau satu jam hingga mencapai kapasitas 70%.

Alat ini juga terdiri dari dua mode, udara hangat atau udara panas agar dapat menyesuaikan dengan lingkungannya digunakan. Penggunaan mode ini akan menyebabkan penggunaan baterai lebih besar.

IWind membanderol alat penyaring udara ini dengan angka USD 94 atau sekitar Rp 1,3 juta.



Simak Video "Suka Bersepeda? Sederet Aplikasi Ini Bisa Membantumu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com