Senin, 29 Jun 2020 10:36 WIB

Memalukan! Ambulans Desa Kok Dipakai Buat Angkut Kambing

Ridwan Arifin - detikOto
Ambulans buat angkut kambing Ambulan desa buat angkut kambing Foto: Dok. Tangkapan layar media sosial Facebook
Lumajang -

Media sosial dihebohkan dengan video viral ambulans desa yang disalahgunakan mengangkut dua ekor kambing. Video singkat berdurasi 1 menit 7 detik itu menunjukkan ambulans berasal dari desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang.

Seperti dikutip Antara, Senin (29/6/2020) Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan akan menindak tegas kasus ambulans yang digunakan untuk mengangkut kambing dari sebuah pasar hewan di kabupaten setempat.

"Ambulans desa yang digunakan untuk mengangkut kambing sementara ditarik dulu dan kepala desa akan diperiksa inspektorat," tuturnya.

"Nanti camat harus melakukan pembinaan, agar tidak terulang kembali kejadian yang memalukan tersebut," tambah wanita yang akrab disapa Bunda Indah ini.

Sebelumnya Wakil Bupati Lumajang ini geram atas penyalahgunaan ambulans desa tersebut. Hal ini ia ungkapkan melalui akun media sosial Facebook, penyelewengan ini sebut dia bisa mencoreng birokrasi pemerintahan.

"Memalukan, hari ini beredar foto ambulance desa membawa kambing. Perilaku berpemerintahan yang menyimpang dan mencoreng etika."

"Peringatan untuk kepala desa agar tidak melakukan hal-hal seperti ini," tulisnya pada 27 Juni 2020 lalu.

Dirinya menegaskan, ambulans desa yang disediakan seharusnya digunakan untuk membantu warga yang sedang membutuhkan pertolongan kesehatan.

"Program 1 desa 1 ambulance, adalah program bupati Lumajang ke 11. DR. Sjahrazad Masdar. Saat itu mendapat apresiasi dari kemenkes karena satu2nya kabupaten di Indonesia yang memiliki program tersebut. Tentu tujuannya adalah mempercepat pelayanan bagi warga sakit yang harus ke puskesmas atau ke rumah sakit," tulis Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.



Simak Video " Inggris Uji Coba Layanan Ambulans 'Iron Man'"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com