Kamis, 25 Jun 2020 08:08 WIB

Car Free Day Disebar ke 32 Titik, Ini Daftar Jalan yang Akan Ditutup untuk Kendaraan

Tim Detikcom - detikOto
Jalur khusus sepeda terlihat di kawasan Bundaran HI. Jalur itu dibuat untuk warga yang bersepeda di kawasan yang kembali adakan car free day (CFD) tersebut. Car free day dipindah ke beberapa lokasi di sekitar DKI. Ada 32 jalan yang akan ditutup untuk kendaraan (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Setelah memutuskan menutup kembali car free day di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI Jakarta menetapkan 32 titik yang akan digunakan sebagai lokasi baru CFD.

Diberitakan sebelumnya, car free day yang untuk kali pertama dalam tiga bulan digelar pada akhir pekan lalu mengundang kontroversi.

Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan sebenarnya sudah mencoba menerapkan protokol-protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Corona. Namun, selain masih banyak pelanggaran, masifnya minat warga Jakarta berolahraga dan datang ke car free day menimbulkan kekhawatiran ajang tersebut bisa menjadi sumber baru penyebaran virus.

Kondisi itu akhirnya membuat CFD di Jalan Sudirman-Thamrin kembali ditiadakan.


Namun CFD bukan sepenuhnya dihilangkan. Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menyebar lokasi car free day. Yang tadinya terpusat di Jalan Sudirman-Thamrin, kini dibagi-bagi ke banyak lokasi di Jakarta. Total ada 32 jalan yang akan dipakai sebagai ajang CFD mulai akhir pekan ini.

"Apa yang terjadi di HBKB (hari bebas kendaraan bermotor) kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami menyiapkan 32 lokasi untuk mengganti HBKB yang biasa dilakukan di Jalan Sudirman-Thamrin," terang Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Rabu (25/6) kemarin.

Penyebaran lokasi car free day tersebut adalah Jakarta Pusat ada 8 lokasi, Jakarta Barat 8 lokasi, Jakarta Utara ada 6 titik, dan masing-masing 5 titik di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Daftar jalan yang akan digunakan sebagai lokasi car free day adalah sebagai berikut:

Lokasi HBKB:
1. Jalan Suryo Pranoto
2. Sisi Danau Sunter Selatan
3. Jalan Gajah Mada
4. Jalan Hayam Wuruk
5. Jalan Pemuda
6. Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari
7. Jalan Percetakan Negara 2



Lokasi Jalan untuk Olahraga:
1. Jalan Pejagalan Raya
2. Jalan Paseban Raya
3. Jalan Zamrud Raya
4. Jalan Pramuka Sari I
5. Jalan Danau Tondano
6. Jalan Amir Hamzah
7. Sisi Inspeksi Kali Sunter Rawa Badak Selatan
8. Jalan Kelapa Hibrida Sukapura
9. Jalan Pulau Maju Bersama
10. Jalan Benyamin Sueb
11. Jalan Arteri Pegangsaan Dua
12. Jalan RA Fadillah
13. Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat (KBT)
14. Jalan Raden Inten
15. Jalan Bina Marga
16. Jalan Sultan Iskandar Muda - Arteri Pondok Indah
17. Jalan Tebet Barat Dalam Raya
18. Jalan Kesehatan Raya
19. Jalan Cipete Raya
20. Jalan Puri Harum
21. Jalan Puri Ayu
22. Jalan Puri Elok
23. Jalan Puri Molek
24. Jalan Puri Ayu 1
25. Jalan Puri Molek 1

"Kendaraan di sana ditutup otomatis, warga berolahraga di area itu, sepeda, joging, dan jalan kaki. Ditutup. Pedagang dilarang," lanjut Syafrin.

Lokasi-lokasi baru serta penutupan jalan untuk CFD ini akan mulai diberlakukan pada Minggu (28/6) akhir pekan ini. CFD pada lokasi-lokasi terebut akan berlaku mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB.

CFD Saat Pandemi yang Menuai Kritik


Warga Jakarta menyambut antusias saat Pemprov DKI Jakarta memutuskan membuka kembali Jalan Sudirman-Thamrin untuk lokasi car free day, pekan lalu. Pada Minggu pagi lalu, dua jalanan utama tersebut dipenuhi manusia. Banyak warga yang berlari atau berjalan kaki, sementara yang lain menggowes sepedanya.

Tapi dibukanya kembali car free day menuai kritik. 'Corona Free Day' sempat nangkring sebagai salah satu trending di media sosial sebagai pelesetan atas car free day. Warga banyak yang khawatir ajang tersebut malah jadi pusat baru penyebaran virus Corona.

Ramainya kritik membuat Gubernur Anies berjanji akan melakukan evaluasi. Sampai akhirnya CFD di Sudirman-Thamrin kembali ditiadakan dan disebar ke beberapa lokasi di penjuru Jakarta.



Simak Video "Besok Tak Ada CFD, Aparat Akan Patroli Cegah Kerumunan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com