Rabu, 24 Jun 2020 08:35 WIB

Pertamina Sebut Konsumsi BBM Selama PSBB Transisi Meningkat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pengendara motor terpaksa membeli Bensin Pertamax di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2013). Premium di SPBU ini habis karena keterlambatan pengiriman karena maraknya aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di Jakarta. File detikFoto. Pertamina Sebut Konsumsi BBM saat Masa Transisi Meningkat. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Beberapa wilayah di Indonesia mulai memasuki masa transisi menuju new normal atau kenormalan baru. Saat aktivitas masyarakat kembali dibuka, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) disebut meningkat.

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus melaporkan adanya kenaikan konsumsi BBM. Menurut Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus Rustam Aji, konsumsi BBM pada sepuluh hari PSBB Transisi menunjukkan tren naik di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo).

Rata-rata harian konsumsi BBM jenis gasoline (bensin) di wilayah Surabaya Raya sampai dengan Sabtu, 20 Juni 2020, meningkat 19 persen dibandingkan rata-rata konsumsi selama masa PSBB. Konsumsi tercatat 2.500 kiloliter (kl) per hari dibandingkan bulan lalu 2.100 kl per hari.

"Hal ini sebagai indikasi sebagian masyarakat sudah kembali beraktivitas di luar rumah," ujar Rustam melalui keterangan tertulisnya.

Begitu juga konsumsi BBM jenis gasoil atau diesel seperti Biosolar dan Dex Series. Menurutnya, konsumsi BBM jenis diesel di wilayah itu meningkat 36 persen.

Jumlah konsumsi pada sepuluh hari terakhir sebanyak 1.300 kl per hari, dibandingkan rata-rata konsumsi masa PSBB sebesar 960 kl per hari.

Rustam mengimbau, masyarakat tak perlu khawatir akan ketersediaan BBM menyambut kenormalan baru.

"Tetap membeli BBM dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan peruntukkannya, dan mulai beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas dan lebih ramah lingkungan," ujarnya.



Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com