Selasa, 23 Jun 2020 07:07 WIB

Pengen Sepedamu Punya Suara Seperti Motor? Ada Knalpotnya Nih!

Rizki Pratama - detikOto
Knalpot sepeda Knalpot Sepeda. Foto: Turbospoke
Jakarta -

Bagi yang masa kecilnya sudah akrab dengan sepeda pernahkan menjepitkan gelas plastik air mineral di ban? Jika pernah tentu tahu itu dilakukan agar saat sepeda digowes, keluar suara garang layaknya sepeda motor.

Ternyata ada sebuah aksesori sepeda yang dijual untuk mendapatkan efek suara tersebut. Uniknya lagi, aksesori itu dilengkapi dengan knalpot untuk mengamplifikasi suara yang dihasilkan.

Aksesori ini dibuat oleh dan dikembangkan oleh Turbospoke. Cara kerjanya hampir sama dengan cara konvensional anak-anak menyelipkan gelas plastik air mineral. Bedanya, kali tidak menggunakan gelas plastik air mineral melainkan semacam kartu.

Bernama Turbospoke Bicycle Exhaust System, aksesori ini dipasang di rangka dekat ban belakang. Perangkat itu dapat dimasukkan kartu suara yang akan bersinggungan langsung dengan pelek jari-jari sepeda sehingga menghasilkan suara. Agar suaranya lebih nyaring, ada knalpot yang dipasang dengan fungsi seperti toa atau pengeras suara, bukan pembuangan emisi seperti motor sungguhan.

Paket penjualan Turbospoke Bicycle Exhaust System selain yang sudah disebutkan di atas ada juga tambahan stiker untuk memberikan kesan sporty di knalpot. Pemasangan pun cukup ringkas dan dapat dilakukan dengan mudah atau kurang dari 15 menit saja.

Tersedia pula 3 pilihan kartu yang berarti ada tiga jenis suara. Penggantian kartu suara pun dapat dengan mudah dibongkar pasang

Produk ini ternyata sudah lama berada di pasaran dan tergolong sebagai mainan anak-anak. Seiring dengan meningkatnya penggunaan sepeda sebuah video tentang produk ini pun kembali ramai di media sosial.

Di Indonesia, e-commerce besar juga menjual produk ini dengan harga variatif. Turbospoke Bicycle Exhaust System berdasarkan hasil pencari di situs jual belin online dibanderol dari harga Rp 100-200 ribuan.



Simak Video "Suka Bersepeda? Sederet Aplikasi Ini Bisa Membantumu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com