Selasa, 16 Jun 2020 15:18 WIB

16 Gerai Samsat di Mal dan Kecamatan DKI Jakarta Kembali Dibuka, Ini Lokasinya

Ridwan Arifin - detikOto
Di hari pertama pembukaan, gerai Samsat dan SIM di Lippo Mall Puri langsung padat. Antrean bahkan mengular panjang. Gerai Samsat di Mal dan Kecamatan DKI Jakarta kembali dibuka (Ari Saputra/detikoto)
Jakarta -

Gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang berlokasi 16 mal dan kecamatan di DKI Jakarta kembali dibuka. Pelayanan pajak kendaraan bermotor tahunan ini mulai beroperasi sejak Senin (15/6/2020).

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Dwi Wahyu mengatakan ke-16 gerai Samsat tersebut kini kembali dibuka bersamaan dengan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta.

"Iya sudah kembali dibuka, selepas dicabutnya status tanggap darurat bencana Covid-19 dan PSBB yang kini memasuki masa transisi di DKI Jakarta," ujar Dwi saat dihubungi detikcom, Selasa (16/6/2020).

Dwi mengatakan Gerai Samsat di mal dan kantor kecamatan yang beroperasi tidak ada batasan kuota. Ia memastikan setiap gerai tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita tidak ada kuota, kenapa gerai di mal dibuka supaya tidak terjadi penumpukan antrean di samsat induk. Jadi masyarakat bisa membayar pajak yang satu tahun, bisa di gerai mal, samsat keliling," ungkap dia.

"Protokol kesehatan seperti yang sudah dari awal pandemi, kita sudah persiapkan, dari pihak kepolisian juga sudah ada berjaga untuk mengingatkan menjaga jarak, disiapkan juga cuci tangan dengan antiseptik," ucap Dwi.

Gerai Samsat Mal dan Kecamatan hanya melayani pajak tahunan, berlangsung hari Senin - Jumat dengan jam operasional di mal mulai pukul 10.00 - 14.00 WIB, dan kantor kecamatan dibuka mulai 08.00 - 14.00 WIB.

"Pelayanan hari Sabtu selama masa transisi PSBB ditiadakan," kata Dwi.

Bapenda DKI Jakarta menghimbau supaya lebih efisien masyarakat bisa melakukan pembayaran melalui online seperti aplikasi Salmonas dan e-Samsat DKI. Dwi mengatakan tanda bukti STNK akan dikirim ke rumah sesuai dengan alamat yang tertera di STNK.

"Kita himbau kembali ke masyarakat supaya lebih aman, dan efisien membayar pajak secara online, bisa melalui e-samsat dan samolnas (samsat online nasional)," jelas Dwi.

Berikut ini daftar gerai samsat mal dan kantor kecamatan yang beroperasional selama transisi PSBB di lima wilayah DKI Jakarta;

Jakarta Pusat:
1. Gerai Samsat Thamrin City
2. Gerai Samsat Mangga 2
3. Gerai Samsat Kec Kemayoran

Jakarta Utara:
1. Gerai Samsat Mal Artha Gading
2. Gerai Samsat Pluit Village
3. Gerai Samsat Kec Penjaringan

Jakarta Selatan:
1. Gerai Samsat Mall Pelayanan Publik
2. Gerai Samsat Kec Pasar Minggu
3. Gerai Samsat Blok M Square
4. Gerai Samsat Mall Gandaria City

Jakarta Barat:
1. Gerai Samsat Mall Taman Palem
2. Gerai Samsat Lippo Mall Puri
3. Gerai Samsat Kec. Kebon Jeruk

Jakarta Timur:
1. Gerai Samsat Tamini Square
2. Gerai Samsat Grand Cakung Mall
3. Gerai Samsat Kecamatan Pulo Gadung



Simak Video "Menkeu Sri Mulyani Tolak Beri Pajak Mobil Baru 0 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com