Jumat, 05 Jun 2020 07:35 WIB

Hore...Pelayanan SIM di Mal Bakal Segera Dibuka

Rizki Pratama - detikOto
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Lalu Hedwin memperkirakan semasa pandemi COVID-19 aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan mencapai 75 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc. Gerai SIM di mal akan dibuka lagi. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta -

Menjelang masa Transisi Fase I Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), layanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kembali dibuka. Jumlah titik layanan yang masih terbatas ini pun menyebabkan antrean panjang pada hari Rabu dan Kamis (3-4/6/2020).

Menanggapi situasi ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengupayakan untuk membuka pusat layanan SIM lainnya. Kebetulan pula dengan rencana pembukaan pusat perbelanjaan seperti mal pada 15 Juni 2020 membuka kesempatan untuk membagi konsentrasi layanan SIM yang menumpuk.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo mengatakan bahwa jika memungkinkan sebelum mal buka layanan SIM di sana dapat beroperasi lebih awal. Pihaknya kini sedang berkoordinasi dengan mal terkait akan rencana tersebut.

"Kita akan operasionalkan gerai SIM di mall, bahkan kita sedang koordinasi kita bisa buka sebelum tanggal 15 (Juni 2020) mengingat adanya lonjakan pemohon perpanjangan SIM," tanggap Sambodo saat dihubungi detikcom, Kamis (4/6/2020).

Sebelumnya Sambodo sudah mengatakan akan ikut membuka gerai SIM jika mal buka kembali seperti dilansirkan oleh situs NTMC Polri. Namun, melihat kondisinya, seperti ia sebutkan di atas gerai SIM di mal diusahakan akan dibuka lebih dulu.

Keputusan membuka kembali mal telah diumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kegiatan sosial ekonomi di pusat-pusat perbelanjaan akan dibuka pada Senin, 15 Juni 2020 yang merupakan masa transisi fase I.

"Pusat perbelanjaan atau mal dan pasar yang non pangan, karena kalau yang pangan selama ini sudah buka. Tapi pasar yang non pangan baru bisa dimulai pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020. Senin 15 Juni baru pusat pertokoan, pasar-pasar mulai buka, berkegiatan," kata Anies dalam konferensi pers virtual status PSBB DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Upaya Dirlantas Polda Metro Jaya lain dalam mengakomodasi layanan SIM adalah mengoperasikan kembali SIM Keliling. Namun, cakupan layanan SIM keliling masih terbatas di wilayah Daan Mogot dan TMII saja.

Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin mengatakan bahwa untuk saat ini baru dua area itu SIM keliling dapat beroperasi dengan protokol kesehatan virus Corona.

"Dari kemarin pelayanan SIM keliling sudah mulai beroperasi tapi baru di wilayah Daan mogot dan TMII. Pemilihan pada dua lokasi itu karena baru di sana yang dipersiapkan dengan protokol kesehatan. Selain itu pelayanan SIM keliling kembali beroperasi untuk menambah pelayanan kepada masyarakat," ujar Hedwin.



Simak Video "Jangan Panik, Dispensasi Perpanjangan SIM Mati Hingga 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Penemuan Rp 500 Juta di KRL
Penemuan Rp 500 Juta di KRL Selengkapnya