Kamis, 04 Jun 2020 11:13 WIB

SIM Mati pada Juni 2020, Masih Dapat Dispensasi Kok!

M Luthfi Andika - detikOto
Smart SIM Ilustrasi pembuatan SIM Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta -

Sempat tidak melayani permohonan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) selama pandemi virus Corona, kini pihak kepolisian mulai kembali mengoperasikan pelayanan perpanjang SIM. Bahkan bagi pemohon yang SIM-nya tidak berlaku bulan Juni tidak perlu khawatir, karena pemohon masih mendapat dispensasi.

Seperti yang disampaikan Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin kepada detikOto, Kamis (4/6/2020).

"Jadi untuk pemohon yang Surat Izin Mengemudi (SIM)-nya habis pada Juni 2020 tidak perlu khawatir karena masih akan mendapat dispensasi," kata Hedwin.

Hedwin memberikan alasan mengapa para pemohon tidak perlu khawatir saat SIM milik pemohon tidak berlaku pada Juni 2020.

"Memang sejak 29 Mei lalu kami sudah mengumumkan bahwa dispensasi perpanjang masa berlaku SIM itu diperpanjang hingga 30 Juni 2020. Jadi bagi pemohon yang masa berlaku SIM-nya habis mulai 17 Maret-30 Juni 2020 akan mendapat dispensasi," ujar Hedwin.

Namun, dispensasi ini masih bersifat fleksibel. Waktu dispensasi tersebut akan dievaluasi terus apakah diperpanjang lagi atau tidak.

Tidak hanya itu, dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, selain di Satpas jajaran Polda Metro Jaya pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling juga sudah mulai beroperasi sejak kemarin Rabu (3/6/2020). Meski demikian pelayanan SIM keliling yang baru beroperasi terdapat di wilayah Daan Mogot dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Pelayanan SIM keliling sudah mulai beroperasi di wilayah Daan Mogot dan Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)," kata Hedwin.

Hedwin menjelaskan untuk saat ini baru ada dua wilayah yang memberikan pelayanan SIM Keliling, yakni Daan Mogot dan TMII.

"Dari kemarin pelayanan SIM keliling sudah mulai beroperasi tapi baru di wilayah Daan mogot dan TMII. Pemilihan pada dua lokasi itu karena baru di sana yang dipersiapkan wilayah dengan protokol kesehatan. Selain itu pelayanan SIM keliling kembali beroperasi untuk menambah pelayanan kepada masyarakat," kata Hedwin.

"Untuk wilayah lainnya tengah kami persiapkan dan pertimbangkan untuk secepat mungkin bisa beroperasi kembali dengan menerapkan protokol kesehatan," Hedwin menambahkan.



Simak Video "Jangan Panik, Dispensasi Perpanjangan SIM Mati Hingga 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com