Kamis, 04 Jun 2020 09:05 WIB

New Normal di Bengkel, Pelayanan Konsumen Berubah?

Ridwan Arifin - detikOto
Di tengah pandemi COVID-19, jasa pembersih kantor, bengkel dan sejenisnya berkembang pesat. Salah satu yang menggunakan jasa ini adalah toko reparasi mobil. Ilustrasi bengkel Foto: AP Photo/Charlie Riedel
Jakarta -

Memasuki masa new normal, protokol kesehatan jadi perhatian. Termasuk di bagian pelayanan purna jual kendaraan bermotor.

Auto2000 menyebut di masa new normal terjadi pergeseran kewajiban menjaga kebersihan dan kesehatan dari kepentingan individu menjadi kepentingan umum.

"Ini suatu keterpaksaan yang mengarah kepada kebaikan," tutur Cahaya Fitri Tantriani, CSD & Marcomm Head Auto2000 (PT Astra International Toyota Sales Operation) saat dihubungi detikcom.

"Kami sudah menjalankan adanya pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun baik bagi tamu termasuk pelanggan maupun karyawan, dan juga diterapkan Self Assessment Risiko COVID-19 untuk memastikan yang akan masuk ke lingkungan Auto2000 cabang maupun kantor pusat dalam kondisi tidak terjangkit COVID-19. Ini sebagai concern karena kami menjaga kedua belah pihak baik pelanggan maupun karyawan," sambung dia.

Selain itu, kebersihan lingkungan tempat kerja juga tetap menjadi perhatian seperti menyemprot disinfektan, menyiapkan layout physical distancing, dan menyiapkan hand sanitizer.

Pun demikian layanan kini mulai gencar memanfaatkan platform daring atau online.

"Untuk mempermudah pelanggan, Auto2000 Digiroom telah disiapkan sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan kendaraan, pemesanan test drive, booking servis untuk di bengkel maupun home servis, pemesanan spare part atau aksesoris melalui www.auto2000.co.id atau aplikasi," kata dia.

Sementara itu, BMW Astra memberikan layanan pembersihan sirkulasi udara mobil gratis. Tercatat berhasil membantu 977 pemilik BMW & MINI di Indonesia selama periode Maret hingga Mei 2020.

"Kami menerapkan protokol pencegahan COVID-19 seperti penerapan pembatasan fisik di ruang tunggu, pemeriksaan kesehatan karyawan, penggunaan masker, sterilisasi fasilitas dan peralatan showroom serta sterilisasi interior kendaraan setelah servis di bengkel. Selain itu kami juga berikan gratis Air Sanitizer untuk membersihkan interior mobil." ujar Fredy Handjaja CEO BMW Astra.

Para pemilik BMW dan MINI dapat menggunakan layanan Home Service untuk pemeriksaan dan perbaikan di rumah, layanan antar jemput mobil untuk dilakukan pengerjaan di bengkel, ataupun bisa mengunjungi bengkel BMW Astra.



Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com