Minggu, 31 Mei 2020 19:11 WIB

Dealer Mercedes-Benz Dirusak saat Demo Kematian George Floyd

Ridwan Arifin - detikOto
Dealer Mercedes-Benz dirusak Dealer Mercedes-Benz dirusak Foto: Tangkapan layar Twitter
Oakland -

Kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam di lutut polisi Minneapolis berbuntut panjang. Demo meluas, bahkan satu diler mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz di Oakland, California jadi sasaran perusakan.

Sebuah video yang beredar di media sosial twitter, Minggu (31/1/2020) memperlihatkan pelaku kerusuhan berhasil membobol dealer.

Setelah mereka berhasil merengsek masuk, beberapa di antaranya naik ke mobil Mercedes yang berada di dalam showroom. Mereka lalu menendang kaca depan mobil. Bahkan ada yang melompat-lompat di atas kap mesin mobil mewah tersebut.



Seperti dikutip CBS San Fransisco, Minggu (31/5/2020) dealer Mercedes-Benz itu mengalami kerusakan parah. Sebab selain kaca bangunan yang dirusak, perusuh juga terlihat membakar satu unit mobil dan melalukan tindakan vandalisme di mobil yang sedang dipajang. Mobil-mobil yang menjadi korban perusakan mulai dari sedan Mercedes-Benz A Class hingga C Class. Belum terkonfirmasi berapa total kerugian yang dialami dealer Mercedes-Benz tersebut.

Gelombang demonstran bermula saat penangkapan Floyd itu terekam dalam sebuah video yang kemudian viral. Dalam video itu, tangan Floyd diborgol dan kemudian dijatuhkan ke aspal oleh polisi. Seorang polisi menekan leher Floyd dengan lututnya, sembari memasukkan tangannya ke saku.

Floyd merintih kesakitan dan mengaku sulit bernafas. Dia bahkan sempat memanggil mamanya sebelum mati lemas.

"Lututmu di leherku. Aku tidak bisa bernapas.... Mama. Mama," pinta Floyd sesaat sebelum dia tewas.

Floyd hanya diam dan tidak bergerak, dia bahkan tidak bisa bergerak ketika petugas memintanya untuk "bangun dan masuk ke dalam mobil." Floyd kemudian dibawa ke rumah sakit dan di sana ia dinyatakan meninggal dunia.

Kematian Floyd di tangan polisi ini pun memicu kemarahan publik. Warga turun ke jalan dan bentrok dengan polisi. Mereka menjarah toko-toko dan membakarnya. Demo ini kemudian meluas di Amerika Serikat.



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com