Jumat, 29 Mei 2020 17:46 WIB

Hasil Riset: Mobil Kecil Sumbang Angka Kematian Tertinggi dalam Kasus Kecelakaan

Luthfi Anshori - detikOto
Ford Fiesta 1.0 Ecobost 140 ST-Line X Ilustrasi mobil berdimensi kecil, Ford Fiesta.(Foto: What Car)
Jakarta -

Hasil riset Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat, IIHS, menemukan fakta bahwa mobil-mobil berdimensi kecil menyumbang sebagian besar kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Dikutip dari situs resmi IIHS, Jumat (29/5/2020), mobil kecil menyumbang 15 dari 20 model mobil yang mengalami kecelakaan di jalan raya.

"Kendaraan lebih kecil menawarkan lebih sedikit perlindungan bagi pengemudi dalam kecelakaan. Dengan bobot lebih ringan, mereka menerima beban lebih besar saat tabrakan dengan kendaraan yang lebih besar," kata Wakil Presiden Senior IIHS, Joe Nolan.

Sebagai informasi, tingkat kematian pengemudi rata-rata untuk model mobil 2017 di Amerika Serikat, mengalami peningkatan menjadi 36 kematian, berbanding 30 kematian untuk model mobil 2014.

Tercatat model city car Ford Fiesta buatan 2017, menempati peringkat pertama sebagai mobil kecil yang menyumbang angka kematian tertinggi. Menurut data IIHS, Ford Fiesta mencatat angka kematian pengemudi secara keseluruhan/juta tahun kendaraan terdaftar sebesar 114, dengan angka kecelakaan tunggal 46 kasus dan kecelakaan non tunggal sebanyak 98 kasus.

Tapi tidak semua mobil kecil mengakibatkan kasus kematian saat kecelakaan. Beberapa model justru mencatatkan angka kasus kematian yang rendah. VW Golf dan Nissan Leaf misalkan, memiliki angka kematian pengemudi secara keseluruhan/juta tahun kendaraan terdaftar masing-masing 0 dan 5.

Selain itu, masih ada beberapa model yang mencatatkan angka kematian terendah seperti SUV mewah, mobil mewah menengah, dan minivan atau mobil SUV berdimensi besar.

Rasio kematian keseluruhan untuk kendaraan mewah juga jauh lebih rendah daripada rata-rata untuk kendaraan non-premium dengan dimensi yang sama.

Kendaraan mewah sering dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih yang tidak banyak dipasang pada mobil yang lebih murah, seperti blind spot warning (peringatan titik buta) dan lane departure warning system, yang bisa memperingatkan pengemudi ketika kendaraan mulai bergerak keluar dari jalurnya di jalan bebas hambatan dan jalan arteri.



Simak Video "Nahas, Remaja di Mamuju Tewas Tergilas Truk Saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com