Jumat, 29 Mei 2020 09:36 WIB

New Normal di Transportasi Umum

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan Jumat (10/4) ini di Jakarta. Pembatasan itu juga berlaku pada transportasi publik di ibu kota. Pembatasan penumpang di bus. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Indonesia akan menyambut era new normal. Semua lini aktivitas harus menjalankan protokol kesehatan agar penyebaran virus Corona (COVID-19) tak semakin masif. Begitu juga di transportasi umum.

Pengamat transportasi yang juga Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno, mengatakan di era kenormalan baru atau new normal, banyak kota di dunia yang mengurangi kapasitas transportasi umum. Mereka mengalihkannya ke perjalanan menggunakan sepeda.

"Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan," sebut Djoko dalam pernyataan tertulisnya yang diterima detikOto, Jumat (29/5/2020).

Di bidang transportasi umum seperti bus, angkot, dan kereta, menurut Djoko perlu diterapkan protokol yang mencegah penyebaran virus Corona. Misalnya, semua orang yang mengakses transportasi umum tersebut selalu memakai masker juga datang lebih awal ke halte bus atau stasiun untuk menghindari kepadatan di kendaraan.

"Jika kendaraan umum sudah penuh, gunakan kendaraan umum selanjutnya. Safety distance (jarak aman) saat di dalam kendaraan umum saat duduk, saat berdiri, dijaga 1,5 meter-2 meter. Tempat duduk/lantai bisa ditandai untuk memudahkan pelaksanaannya," sebut Djoko.

Kemudian, perlu dilakukan pengecekan suhu tubuh penumpang dan staf sebelum masuk kendaraan. Yang suhunya tinggi atau sakit sebaiknya istirahat di rumah saja (isolasi diri, periksa ke dokter).

"Menjaga kebersihan dan disinfektan kendaraan secara rutin. Di bagian ruang pengemudi, dibuatkan pembatas plastik atau mika supaya pengemudi terlindungi, rajin cuci tangan, memakai disinfektan, jangan menyentuh wajah dengan tangan. Jika batuk, ditutupi dengan lengan Anda, jangan dengan tangan Anda," saran Djoko.



Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com