Kamis, 28 Mei 2020 17:42 WIB

Masih Banyak yang Berusaha Balik ke Jakarta Tanpa Bawa SIKM

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ditlantas Polda Metro Jaya perketat pemeriksaan SIKM Jakarta bagi pemudik yang hendak kembali ke Ibu Kota. Pemeriksaan itu salah satunya dilakukan di perbatasan Petugas memeriksa pengendara. Yang bepergian keluar/masuk Jakarta harus memiliki SIKM. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Masyarakat dianjurkan tidak bepergian keluar/masuk Jabodetabek tanpa ada urgensi. Bagi yang terlanjur mudik pun tidak bisa dengan mudah kembali ke Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta mewajibkan masyarakat yang bepergian keluar/masuk Jabodetabek harus memiliki surat izin keluar/masuk (SIKM). Bagi yang tidak memiliki SIKM dan tidak memenuhi syarat, tidak akan diizinkan masuk ke Jakarta dari kampung halamannya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan masih banyak masyarakat yang tidak memiliki SIKM mencoba masuk Jakarta. Bahkan, menurut Syafrin, pihaknya telah menghalau ribuan kendaraan yang tidak memiliki SIKM.

"Sekarang data kami sampai dengan semalam itu total yang diputarbalikkan di wilayah Jabodetabek yang mencoba masuk, itu total 6.364 kendaraan," kata Syafrin dalam diskusi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang disiarkan secara langsung di YouTube BNPB Indonesia, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, pengecekan SIKM bagi warga yang bepergian dilakukan di 11 titik, dua di jalan tol dan sembilan titik di jalan arteri. Tak hanya itu, pengecekan juga dilakukan di terminal Pulogebang yang menjadi satu terminal yang difungsikan untuk bepergian keluar kota, stasiun Gambir yang menjadi satu-satunya tujuan pergerakan kereta antarkota, serta Bandar Udara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

"Kami imbau, bagi Anda yang sudah terlanjur di luar Jabodetabek, silakan Anda di sana dulu, bangun kampung, jangan balik dulu ke Jabodetabek, atau jika ingin balik maka tolong membawa SIKM," tegas Syafrin.



Simak Video "6.622 Orang Ajukan SIKM ke Pemprov DKI: 1.332 Diterima, 64 Ditolak"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com