Rabu, 27 Mei 2020 09:42 WIB

Piaggio Menangkan Hak Cipta Vespa yang Dijiplak China

Rizki Pratama - detikOto
Mengawali tahun 2019, PT Piaggio Indonesia memperkaya produk unggulannya dengan memperkenalkan generasi S dari Vespa Primavera dan Vespa Sprint. Vespa Primavera Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Vespa merupakan model skuter yang bisa dikatakan paling ikonik dan legendaris di kancah otomotif roda dua. Hal itu tentu tidak akan tercapai jika Piaggio tidak menjaga hak cipta produknya dari merek-merek plagiat.

Kemarin, Piaggio dengan bangga mengumumkan bahwa ia memenangkan keputusan European Union Intellectual Property Office (EUIPO) di pengadilan terhadap merek skuter China. Dua merek motor China, Motolux dan Dayi Motor meniru desain Vespa Primavera untuk dua skuter yang diperlihatkan di EICMA 2019.

Piaggio pertama kali mendaftarkan desain Vespa Primavera dengan EUIPO pada 2013. Lalu pada 25 Mei 2020, Piaggio mengumumkan bahwa EUIPO mengkonfirmasi bahwa dua skuter tiruan itu tidak dapat memberikan kesan berbeda dari desain Primavera.

Merek asal Italia ini secara agresif mempertahankan merek dagangnya di seluruh dunia. Mereka mengejar litigasi sebagai bagian dari upaya anti-pemalsuan hasil produksinya secara global.

Namun, tidak semua hak cipta model Piaggio berhasil dimenangkan. Pada September 2019, Piaggio kalah dalam kasus melawan Zhejiang Zhongneng, produsen skuter China. Pada saat itu, Piaggio menuduh Zhejiang menyalin desain Vespa LX-nya, tetapi EUIPO menemukan perbedaan yang signifikan dan memutuskan bahwa orang tidak akan kesulitan membedakan keduanya.

Berdasarkan kasus Primavera, Piaggio menambahkan bahwa litigasi anti-pemalsuannya mengakibatkan pembatalan lebih dari 50 merek dagang yang didaftarkan oleh pihak ketiga dalam dua tahun terakhir. Jika itu adalah salinan yang sebenarnya, itu adalah berita yang sangat masuk akal dan bagus.



Simak Video "Kreasi Unik Kediri, Miniatur Vespa dari Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com