Rabu, 27 Mei 2020 08:36 WIB

Akhirnya Ada yang Bikin Mobil Listrik Murah

Rizki Pratama - detikOto
Mobil listrik murah dari Kia Mobil listrik mungil dan murah Kia Foto: carbuzz
Jakarta -

Belum tingginya permintaan pasar serta masih mahalnya komponen baterai membuat harga jual mobil listrik masih tergolong mahal. Kebanyakan mobil listrik dilabeli harga yang hanya dapat dibeli oleh orang dengan kapasitas ekonomi menengah ke atas.

Tantangan harga mobil listrik itu akan dilawan oleh Kia yang akan mengembangkan city car bertenaga listrik. Mobil ini merupakan bagian rencana Kia yang akan menyajikan 11 mobil listrik di pasar pada tahun 2025.

Auto Express melaporkan Kia akan membuat mobil listrik yang lebih kecil dari Kia Rio dan akan dipasarkan di Eropa. Pemilihan model ini dilandaskan pada selera pasar Eropa yang menggemari mobil dengan model city car.

Platform mobil ini diprediksi akan menggunakan platform baru berbentuk seperti skateboard raksasa yang dikembangkan oleh Hyundai dan Canoo. Platform ini dapat dikembangkan ke berbagai jenis mobil, mulai dari city car hingga SUV.

Menggunakan platform yang sama juga tentunya akan memangkas biaya pengembangan produk. Jika ingin bersaing, Kia harus menempatkan harganya setara atau lebih murah dari mobil sejenis, yaitu Citroen Ami. Citroen Ami dibanderol di Eropa dengan harga USD 6.500 atau sekitar Rp 95 juta. Cukup murah, bukan?

COO Kia Motors Eropa, Emilio Herrera mengatakan akan memanfaatkan momentum pandemi virus Corona untuk memperkenalkan mobil listrik mungilnya itu. Mobil listrik dengan harga murah di saat kendaraan pribadi lebih aman daripada kendaraan umum merupakan kombinasi yang dinilai tepat.

"Orang-orang ingin merasa aman hari ini. Kami melihat dengan sangat jelas dari survei pasca virus di China yang menunjukkan bahwa orang telah pindah dari transportasi umum ke transportasi pribadi," ujar Herrera.

Alasan tersebut memang cukup masuk akal dan benar adanya. Di China, penggunaan kendaraan pribadi melonjak dari 34% pra-pandemi ke 65% pasca-pandemi.

Sementara itu untuk pemasaran produknya mobil ini juga membuka opsi untuk disewakan atau dibeli seperti penggunaan skuter listrik. Cara ini juga dapat meningkatkan kesadaran pasar akan keberadaan mobil listrik itu.



Simak Video "KIA Picanto, Sang Raja City Car yang Kembali Mengincar Tahtanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com