Selasa, 26 Mei 2020 12:16 WIB

Langkah Polisi Antisipasi Pemudik yang Balik ke Jakarta

M Luthfi Andika - detikOto
H-2 Lebaran, Polres Bojonegoro memperketat penjagaan di perbatasan Jatim-Jateng. Salah satunya di di pos check point Padangan. Ilustrasi penyekatan pemudik Foto: Ainur Rofiq
Jakarta -

Bagi pemudik yang lolos pulang ke kampung halaman dan hendak balik ke Jakarta dipastikan tidak akan melenggang mulus. Karena pihak berwajib akan terus memantau dan melakukan pemeriksaan saat ingin hendak balik ke Jakarta.

Seperti yang disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo kepada detikoto, Selasa (26/5/2020).

"Untuk peningkatan kendaraan yang sudah masuk Jakarta? Nanti kita cek volume di gerbang tol ya. Dari kemarin kita terus melakukan pemeriksaan," ucap Sambodo.

Sebelumnya Sambodo juga menjelaskan penyekatan jalur tikus ini akan dilakukan oleh beberapa Polres terkait, dan dibantu beberapa petugas dari institusi lainnya.

"Kalau jalan tikus itu dari Polres-Polres yang akan melakukan pemeriksaan. Mereka yang meriksa. Personel kita juga akan dibantu dari Dishub sama Satpol PP DKI ya," kata Sambodo, dikutip dari NTMC Polri.

Ditambahkan Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, pihaknya merasa yakin pemudik yang kembali ke Jakarta tidak bisa lagi lewat jalur tikus. Dia menyebut dengan 11 titik penyekatan yang akan dilakukan di wilayah perbatasan Jabodetabek, maka akan mempersempit ruang gerak pemudik di jalur-jalur tikus.
"Tentu dengan pola sekarang ada 11 titik penyekatan di batas wilayah administrasi Jabodetabek, ini tentu polanya tidak akan ada lagi jalan tikus di sana ya. Sehingga tidak akan ada lagi pergerakan orang-orang yang colongan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com