Minggu, 17 Mei 2020 03:07 WIB

Ford Kembangkan Selimut Canggih yang Bisa Mengecas Baterai Mobil Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Logo Ford Ford temukan inovasi charging mobil listrik.(Foto: Francois Lenoir/Reuters)
Jakarta -

Mobil listrik belum menjadi kendaraan yang cukup lazim di berbagai belahan dunia. Berbagai rintangan dan kelemahan membuat mobil ini masih sulit menjadi pilihan utama pasar membeli kendaraan.

Salah satu yang masih menjadi perdebatan adalah tentang jarak tempuh atau titik pengisian daya. Untuk pengisian daya ada banyak pilihan arus atau bahkan metode pengisiannya. Baik secara konvensional seperti pom bensin sampai penggunaan solar panel.

Gambar paten Ford solar shieldGambar paten Ford solar shield Foto: Electrek

Menengahi perdebatan itu, Ford muncul memberikan salah satu solusi yang cukup menarik. Ford sedang mengembangkan sebuah selimut mobil yang dapat menjadi perantara pengisian energi listrik ke baterai mobil dengan nama Solar Cocoon.

Selimut mobil itu mengandung sel-sel yang biasa ditemukan di panel surya. Mobil pertama yang dikabarkan akan menerima teknologi ini adalah Ford Mustang Mach-E.

Sel ini tentu juga telah disesuaikan agar lentur dan fleksibel sebagai selimut mobil. Pengarsipan dari Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat menggambarkan konfigurasi sel surya dilalui secara elektrik, memiliki setidaknya satu struktur fleksibel, dan bisa diisi udara sehingga mengembang.

Dokumen paten ini menguraikan retraksi listrik dari struktur fleksibel. Semoga ini berarti bahwa selimut ini dapat dengan mudah digunakan dan disimpan, sebab jika rumit, jelas sekali orang akan lebih memilih mengisi daya secara konvensional.

Tidak dijelaskan dalam arsip itu ada berapa banyak sel surya yang terkandung dalam selimut itu. Oleh karena itu belum dapat disimpulkan bagaimana kemampuannya dalam menyalurkan energi listrik ke dalam baterai.

Namun, jika melihat bentuknya setidaknya selimut ini dapat mengisi penuh daya mobil dalam waktu semalam ketika mobil tidak beroperasi. Artinya kemampuannya sudah setara dengan alat pengisian yang sudah ada saat ini tetapi dengan fungsi lebih, sebagai selimut.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com