Senin, 04 Mei 2020 09:40 WIB

Enggak Kapok, Pemudik Nekat Diprediksi Makin Banyak Jelang Lebaran

Doni Wahyudi - detikOto
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono memeriksa kendaraan yang melewati gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/5/2020). Polri akan memperketat penyekatan pemudik jelang Lebaran karena diprediksi warga makin banyak yang nekat mencoba ke kampung halaman (dok. Korlantas)
Jakarta -

Polri memprediksi arus warga yang nekat mudik belum akan berakhir. Malah jumlahnya diperkirakan akan makin besar menjelang Lebaran. Antisipasi sudah disiapkan.

Polri sejauh ini sudah menemukan banyak warga yang kucing-kucingan mencoba mudik meski sudah ada larangan dari pemerintah. Bahkan sudah dibongkar beberapa kasus 'penyelundupan pemudik' yang menggunakan mobil plat hitam.

Namun begitu, warga yang mau mudik diperkirakan malah bakal makin nekat saat mendekati Lebaran. Jumlah pemudik diyakini akan tambah besar, untuk itu Polri sudah menyiapkan antisipasi dengan memperketat penjagaan.



"Kemungkinan ya, H-7 (lonjakan pemudik), kita antisipasi untuk itu. Penguatan di pos-pos. Ya. Tentunya perkuatan tetap apa yang sedang sekarang ini. Kita all out 24 jam," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Sampai 10 hari pertama operasi ketupat yang digelar Polri, sudah ada lebih dari 20.000 kendaraan yang dipaksa putar balik oleh polisi. Meski sudah banyak yang dipulangkan, warga yang mau mudik sepertinya nekat mencoba peruntungannya demi bertemu keluarga di kampung halaman.

"Yang diputar balik 23 ribu (kendaraan) secara keseluruhan," lanjut Istiono dikutip dari NTMC.



Simak Video "Tepergok Naik Travel Gelap, 10 Pemudik Dibawa Kembali ke Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com