Minggu, 03 Mei 2020 10:04 WIB

Tesla Raup Untung Rp 235 Miliar di Tengah Pandemi

Rizki Pratama - detikOto
Produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla membangun pabrik baru di Jerman. Lokasi pembangunan pabrik berada di hutan di Gruenheide, Berlin. Tesla masih menghasilkan untung di tengah pandemi Corona Foto: Getty Images/Sean Gallup
Jakarta -

Berbagai pabrikan otomotif mengalami kesulitan menangani masalah finansial di tengah pandemi virus Corona. Beberapa di antaranya sudah mengumumkan total kerugian dalam kuartal pertama serta prediksi kerugian selama tahun 2020 ini.

Kata kerugian di kuartal pertama ini tak berlaku dalam kamus Tesla. Dalam pengumuman yang disampaikan oleh pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat itu mendapatkan menghasilkan USD 5,9 miliar atau Rp 86 triliun dan keuntungan sebesar USD 16 juta atau sekitar Rp 234 miliar.

Capaian itu juga secara tidak langsung menjadi pelengkap profitabilitas Tesla di dua kuartal sebelumnya. Faktor kunci yang berkontribusi dalam hasil pendapatan Tesla ini adalah pengurangan biaya operasionalnya.

Lebih rinci lagi Tesla memotong biaya operasionalnya sebesar 13 persen dibanding dengan biaya operasionalnya di tahun 2019. Margin kotor perusahaan ini juga tumbuh 25,5 persen pada kuartal pertama dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

Kendati begitu keuntungan Tesla sebenarnya mengalami penurunan dibanding kuartal ke-empat 2019 sebesar 19 persen. Pada periode itu Tesla membukukan pemasukkan sebesar USD 7,38 miliar atau Rp 1 kuadriliun.

Kontribusi lain yang mendorong keuntungan Tesla adalah pabriknya yang di China telah mencapai kapasitas produksi maksimalnya. Di kuartala ini pula untuk pertama kalinya pabrik Tesla di China menghasilkan Model Y yang akan disusul Model 3, Model S, dan Model X.

Pencapaian positif Tesla ini tampaknya akan segera berakhir mengikuti kebijakan penutupan pabrik. Sejauh ini 3 pabrik Tesla di berbagai negara bagian AS sudah menghentikan kegiatan produksinya.



Simak Video "Saham Tesla Melejit, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com