Tahu Tidak, Bisnis 'Penyelundupan' pemudik itu Terjadi Setiap Musim Mudik

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 02 Mei 2020 16:24 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat masih ada yang berusaha keluar Jabodetabek setelah pemberlakuan larangan mudik akibat Covid-19. Salah satunya seperti yang terjadi pada operasi penyekatan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 1.
Truk pengangkut barang menyelundupkan penumpang mudik Foto: 20detik
Jakarta -

Pihak berwajib menyatakan, masih melakukan penyelidikan akan kasus 'penyelundupan' pemudik saat larangan mudik diterapkan pemerintah demi menekan penyebaran virus Corona.

Namun menurut pengamat otomotif Djoko Setijowarno, bisnis 'penyelundupan' pemudik itu sudah sangat lama terjadi. Hanya saja tahun-tahun sebelumnya hal ini tidak terlalu terekspos, karena memang tidak ada larangan mudik.

"...Angkutan barang bawa penumpang juga sudah kerap terjadi di setiap mudik lebaran tiba," ucap Djoko.

Namun yang menjadi pembeda saat ini menurut Djoko ialah adanya larangan mudik. Sehingga saat ada orang yang menumpang pada truk atau bus dianggap sebagai penyelundupan pemudik yang ingin pulang kampung.

"Aksi angkutan barang membawa penumpang yang biasanya penumpang nampak. Sekarang, karena ada larangan mudik, penumpang ditutupi penutup barang. Seolah angkutan barang benar-benar membawa barang. Namun dikelabui dengan penutup barang pada bak yang di dalamnya berisi sejumlah orang yang akan pulang kampung," Djoko menambahkan.

Meski demikian, Djoko mengatakan saat ini sudah banyak pemudik yang sudah sampai di kampung halaman masing-masing.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menhub Setop Penerbangan Charter Selama Pelarangan Mudik"
[Gambas:Video 20detik]