Jangan Remehkan Mobil Ini dari Tampilannya

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 02 Mei 2020 15:53 WIB
Heinkel Kabine Type 153
Foto: rideapart
Jakarta -

Sebagian besar orang akan mengira mobil satu ini adalah mobil mungil ikonik BMW Isetta. Faktanya mobil ini mungil tiga roda ini bernama Heinkel Kabin Type 153.

Mobil ini dibuat oleh ahli pesawat asal Jerman, Ernst Heinkel. Heinkel memang membuat mobil ini berdasarkan inspirasi dari BMW Isetta yang diberikan sentuhannya sendiri.

Uniknya lagi mobil yang ada dalam foto ini sudah mengalami perubahan berbeda dari asli, khususnya pada dapur pacu. Pemilik mobil tersebut mengganti mesin 175cc mobil itu dengan mesin 1.000 cc Honda CBR1000RR tahun 1998.

Pergantian mesin ini juga menyebabkan pergantian girboks. Aslinya mobil ini menggunakan transmisi 4 percepatan. Kini dengan mesin motor itu mobil itu menggunakan transmisi dengan 6 percepatan.

fakta lainnya adalah mobil ini tidak pernah bisa mundur sejak diciptakan. Maka dari itu tidak ada yang terlalu berbeda ketika mesin dan girboks menggunakan motor diterapkan pada mobil ini.

Tidak cuma pada performanya, pemilik juga melakukan modifikasi pada sasis dan rangka. Struktur mobil dibuat lebih kokoh dan kuat dengan penggunaan bahan baja yang mana akan membuat lebih berat tapi tetap cukup kuat untuk digerakkan oleh mesin motor sebesar 1.000cc itu.

Di dalam kabin juga mengalami perubahan dengan memadukan aura Heinkel dengan Honda CBR1000RR. Jok dengan garis-garis kecil membentuk kotak menjadi dominasi warna interior mobil berwarna merah meriah ini. Atap mobil juga sudah diganti dengan bahan kanvas, lampu menggunakan LED serta ban berukuran 10 inci.

Mobil langka yang sudah dimodifikasi ini kebetulan dimasukkan ke rumah lelang oleh pemiliknya. Pemenang lelang selain mendapatkan mobil juga akan menerima trailer, sparepart asli sebelum dimodifikasi dan beberapa keperluan suku cadang.

Penawaran awal untuk lelang mobil ini dibuka pada angka USD 5.600 atau setara Rp 80 juta. Mobil ini juga pernah ada yang melelang pula sebelumnya dan dalam kondisi orisinal sepenuhnya dengan penawaran USD 54.050 atau sekitar Rp 774 juta.



Simak Video "Inspirasi Modifikasi Daihatsu Rocky Nih! Siap Dibawa Off-Road dan Blusukan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)