Bisnis Baru saat Larangan Mudik: 'Penyelundupan' Orang ke Kampung

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 28 Apr 2020 16:52 WIB
Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran bagi masyarakat di tengah masa pandemi Corona. Yuk, lihat lagi momen-momen mudik yang pastinya sangat dirindukan.
Masyarakat dilarang mudik Lebaran tahun ini. Foto: Dok. detikcom

Kata dia, pemudik yang diminta putar balik menjadi salah satu tindakan tegas agar mereka tak bisa melanjutkan perjalanan. Dia berharap, mobil-mobil travel yang memanfaatkan mobil pribadi atau pelat hitam juga harus diminta putar balik.

"Kita berharap yang menjalankan travel, kan kalau travel itu ada dua, yang betul-betul travel, ada yang kendaraan pribadi tapi difungsikan sebagai travel, dua-duanya ini harus diperlakukan sama untuk putar balik," ucapnya.

Sementara yang sudah lolos pemeriksaan dan berhasil sampai kampung halaman, dibutuhkan peran masyarakat sekitar untuk melaporkan kepada pihak berwenang. Hal itu agar tidak ada lagi penularan virus Corona ke kampung halaman.

"Perlu ada koordinasi dengan masyarakat setempat. Jadi kalau misalnya masyarakat tempat tujuan yang menjumpai, masyarakatlah yang mesti melaporkan kepada aparat. Jadi bukan hanya dari aparat yang bertugas di jalan, tapi masyarakat pun saya kira harus mengawasi. Karena kalau nggak, nanti virusnya ini meledak (tersebar sampai kampung halaman)," katanya.


(rgr/din)