Kamis, 23 Apr 2020 18:55 WIB

Waspadalah! Ini Kebiasaan Pencuri Mobil Sebelum Melakukan Aksinya

Rizki Pratama - detikOto
Aksi Pencuri Ponsel Dalam Mobil Terekam CCTV di Kampung Makasar Kebiasaan pencuri mobil Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Pencuri kendaraan bermotor tidak tiba-tiba saja melakukan aksinya. Ada kebiasaan-kebiasaan yang kerap mereka lakukan sebelum minta korban.

Kendati selalu ditemukan trik-trik meretas keamanan mobil, para pencuri mobil tetap akan meminimalisasi risiko. Salah satunya adalah memilih waktu yang sepi seperti malam hari.

"Tapi kalau biasanya waktu favorit yang mereka pilih adalah antara jam 2-3 dini hari saat kebanyakan orang terlelap tidur," kata Service Manager Auto2000, Suparna kepada detikcom melalui pesan singkat.

Hal lain yang ia amati adalah pencuri mobil biasanya tidak akan datang sekali saja. Apalagi jika sistem keamanan mobil yang menjadi target cukup rumit. Setelah mendapatkan celahnya, ia akan kembali lagi untuk melakukan aksinya sesuai rencana.

"Kemudian biasanya kalau mereka kesulitan melakukan aksinya karena ada pengaman yang bagus biasanya mereka akan rapikan mobil dulu, ditinggal dan kembali lagi pada waktu aman berikutnya dengan part atau peralatan yang lebih memudahkan aksinya," jelas Suparna.

Bagi pemilik mobil baiknya di rumah dipasangi kamera pengintai baik itu untuk mobil yang parkir di garasi atau di luar. Jika mendapati gerak-gerik mencurigakan segera laporkan ke piihak keamanan setempat untuk ditindak.

"Lebih baik lagi pasangkan kamera yang terkoneksi dengan perangkat gadget yang mana bila ada gerakan mencurigakan di sekitar kendaraan maka akan ada pemberitahuan di gadget. Sehingga antisipasinya pasti akan lebih tepat juga," tuturnya.

Langkah paling mudah dan cukup membuat pencuri mengurungkan niatnya adalah menggunakan selimut mobil yang baik. Pemasangan selimut akan memakan waktu lebih lama untuk dibuka dalam aksi pencurian mobil.

"Jangan lupa pemasangan cover mobil yang bagus, selain menambah keamanan juga bisa melindungi cat kendaraan dari bercak akibat debu yang disertai hujan dan panas matahari," tutupnya.



Simak Video "Update Corona RI 6 Oktober: Tambah 4.056, Positif 311.176"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com