Kamis, 23 Apr 2020 14:59 WIB

Mudik atau Pulang Kampung? Ini Penjelasan di KBBI

M Luthfi Andika - detikOto
Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran bagi masyarakat di tengah masa pandemi Corona. Yuk, lihat lagi momen-momen mudik yang pastinya sangat dirindukan. Ilustrasi mudik atau pulang kampung ke kampung halaman Foto: Dok. detikcom
Jakarta -

Kata mudik dan pulang kampung ramai dibicarakan masyarakat setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjelaskan perbedaan kata mudik dan pulang kampung. Tapi apa sih perbedaan menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)?

Sebelum bicara soal perbedaan antara mudik dan pulang kampung menurut KBBI. Kedua kata-kata tersebut ramai dibicarakan setelah penjelasan Presiden Republik Indonesia Jokowi, pada acara mata Nazwa yang ditayangkan Trans7 malam tadi.

"Sesungguhnya saya bertanya kepada bapak presiden, mudik dilarang atau tidak? Kenapa tidak sekarang dilarangnya, nyatanya saat ini sudah banyak masyarakat yang colong start mudik?" beberapa pertanyaan yang dipertanyakan Najwa.

[Gambas:Youtube]



Presiden Republik Indonesia Jokowi pun menjawabnya, pelarangan mudik memang menimbulkan pro dan kontra.

"Semua kementerian ada yang pro dan kontra, ada yang setuju ada yang tidak setuju. Tapi sejak awal sudah saya sampaikan kepada menteri, bahwa suatu saat pasti akan saya larang. Bisa saja besok pagi, atau minggu depan, karena kita tahu mudik hitung-hitungan terakhir kita, masih yang ingin mudik menyangkut jutaan orang bukan ribuan," ujar Joko Widodo.

"Ada 34 persen yang ingin masih mudik dan ini angka yang gede sekali. Sehingga sejak awal saya sampaikan angkanya seperti ini, kajian lapangannya seperti itu, ya sudah mudik dilarang," Jokowi menambahkan.

(Pengertian mudik dan pulang kampung versi KBBI ada di halaman ke-2.)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com