Kejahatan Meningkat, Ini Tipe Mobil yang Paling Sering Jadi Target Pencurian

ADVERTISEMENT

Kejahatan Meningkat, Ini Tipe Mobil yang Paling Sering Jadi Target Pencurian

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 23 Apr 2020 11:35 WIB
Ilustrasi Pencurian Mobil
Kriminalita meingkat saat PSBB Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Situasi krisis yang disebabkan pandemi virus Corona melumpuhkan perekonomian. Salah satu dampak yang dapat terjadi dari hal itu adalah meningkatnya tindak kriminal di masyarakat seperti pejarahan atau pencurian.

Tak jarang dalam beberapa hari terakhir ini sering terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Asep Adi Saputra beberapa waktu lalu mengatakan ada peningkatan angka kriminalitas sebanyak 11,80 persen selama Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) diterapkan.

Untuk detikers yang memiliki kendaraan perlu lebih waspada. Apalagi untuk mereka yang memiliki kendaraan seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, atau Honda Mobilio. Mobil tersebut jadi target empuk lantaran permintaan pasarnya tinggi sehingga mudah diperjual-belikan.

"Tentu saja mobil yang paling populer di masyarakat adalah yang paling banyak diincar pencuri. Karena pasti akan lebih mudah "mencairkannya," ungkap Service Manager Auto2000, Suparna kepada detikcom.

Suparna menambahkan, tidak hanya mobil secara utuh yang menarik di pasar gelap itu. Bahkan dijual secara terpisah setiap komponennya masih ada yang mau menerima.

"Baik mereka jual utuh ataupun sudah terurai mereka akan lebih mudah melakukannya," tambahnya.

Jika melihat trennya di Indonesia jelas saat ini mobil MPV adalah yang paling banyak diincar. Sementara itu jenis SUV menjadi urutan kedua setelah MPV yang menjadi incaran pencuri di Indonesia.

"Jadi pastikan yang memiliki mobil populer memang lebih berhati-hati. Kalau di Indonesia pasti MPV apalagi low MPV dan kedua adalah SUV baik low maupun medium," tukasnya.



Simak Video "Update Covid-19 RI 27 Nov: 4.151 Kasus Baru, 35 Pasien Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT