Selasa, 21 Apr 2020 13:26 WIB

Mudik Dilarang: Rental Mobil Amsyong, Sopir Menjerit Pasrah

M Luthfi Andika - detikOto
Jalur mudik Nagreg-Tasik mulai ramai namun belum macet Larangan mudik lebaran membuat pengusaha penyewaan kendaraan dan sopir menjerit (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo resmi menyatakan, seluruh lapisan masyarakat tidak boleh mudik pada hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun ini. Langkah ini diambil untuk bisa menekan penularan virus Corona di Indonesia.

Para pengusaha rental mobil pun 'menjerit' dan pasrah mendengar kabar tersebut. Seperti yang disampaikan pemilik rental mobil Komando Transindo, Wasis Payitno (36) kepada detik.com.

"Saat ini kami tidak bisa melakukan apa-apa. Kalau bulan Ramadan tahun sebelumnya, pada tanggal sekarang biasanya kami sudah mendapatkan pemesanan rental kendaraan," kata Wasis.

"Karena biasanya kami menyediakan banyak paket Ramadan, seperti penyewaan kendaraan selama 10 hari. Bahkan biasanya seminggu sebelum puasa banyak yang sudah memberi DP (Down Payment-Red)," cerita Wasis.

Wasis juga menceritakan nasib yang kurang mujur akibat Corona juga menimpa para sopir, yang biasanya kebanjiran pemesanan antar saat Ramadan.

"Bahkan para sopir-sopir menjerit juga, karena kebanyakan sopir-sopir ini freelancer atau pekerja lepas. Dan Ramadan ini sepertinya akan berbeda (karena ada larangan tidak boleh mudik-Red). Yah mudah-mudahan pemerintah cepat menangani virus Corona ini, " Wasis menambahkan.



Simak Video "Soal Sanksi Penuh Berlaku Hari Ini, Kemenhub: Kewenangan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com