Selasa, 21 Apr 2020 11:15 WIB

Jokowi Larang Mudik, Polisi Bakal Tutup Jalan Tol

Rizki Pratama - detikOto
arus mudik lebaran 2019 di tol pantura, 1/6/2019 Jokowi melarang mudik lebaran, polisi berencana menutup jalan tol (Imam Suripto/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo akhirnya melarang mudik Lebaran 2020 bagi seluruh warga. Polisi sudah mengantisipasi dengan rencana bakal menutup jalan tol dan jalan non tol.

"Mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi saat ratas di Istana Presiden Selasa (21/4/2020).

Pernyataan Jokowi ini menjawab tanda tanya besar banyak warga Indonesia terkait kebijakan mudik pemerintah di tengah pandemi virus Corona. Untuk diketahui, sebelumnya pemerintah hanya melarang mudik untuk aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN, dan TNI-Polri.



Terkait pelarangan mudik oleh Jokowi, Polri dipastikan akan menutup jalan tol dan jalan non tol. Ini sudah dinyatakan sebelumnya oleh Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Asep Adisaputra, Senin (20/4) kemarin.

Asep menegaskan Polri sudah menyiapkan dua skenario, yakni jika pemerintah melarang mudik dan jika mudik tetap diizinkan. Penutupan jalan tol terbatas hanya untuk kendaraan pribadi. Sementara pembawa sembako, BBM, dan alat kesehatan masih diizinkan melintas.

"Ketika nanti ada keputusan dari pemerintah misalnya bahwasanya akan ada sebuah larangan tentunya kita harus membuat suatu ketentuan pada akses-akses keluar Jakarta yang akan ditutup baik di dalam jalan tol maupun non-tol kecuali kendaraan-kendaraan yang mengangkut sembako misalnya, BBM, alat kesehatan dan lainnya yang terkait kepentingan untuk memutus penyebaran COVID-19 ini," kata Asep kemarin.



Simak Video "Keciduk Mudik Via Kalimalang, 66 Pengendara Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com