Rabu, 15 Apr 2020 20:38 WIB

Ada Harapan MotoGP Dilanjutkan di Tengah Pandemi Corona

Rizki Pratama - detikOto
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - NOVEMBER 03: Cal Crutchlow of Great Britain and LCR Honda during the MotoGP race during the MotoGP of Malaysia - Race at Sepang Circuit on November 03, 2019 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP bisa ngegas lagi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Berbagai agenda dunia otomotif berantakan karena pandemi virus Corona. Mulai dari pameran, peluncuran model baru, dan balapan seperti MotoGP dan F1.

Beberapa kegiatan ada yang sudah memastikan tak akan digelar tahun ini namun, jangan lupa masih ada harapan lainnya. Bagi penggemar MotoGP ada kabar yang cukup menggembirakan karena ada kemungkinan balapan akan dilanjutkan kembali.

Balapan dapat dilanjutkan kembali dengan opsi dilakukan secara tertutup atau tanpa penonton di tribun sirkuit. Jika merujuk pada aturan tidak boleh mengadakan pertemuan besar, langkah ini bisa menjadi pertimbangan untuk dipersiapkan. Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta sedang menimbang-nimbang opsi ini.

Dilansirkan oleh Visordwon, Tim Pata Yamaha dari balapan Superbike mengaku sudah mulai berdiskusi untuk memulai kembali balapan. Menurutnya balapan tertutup bukanlah keinginan semua orang tapi lebih baik daripada tidak sama sekali.

Jika dipikir-dipikir banyak yang tidak suka balapan secara tertutup karena MotoGP dan Superbike merupakan salah satu olahraga yang lebih dinikmati untuk ditonton langsung. Melakukan balapan tanpa penonton ini dipertimbangkan karena unsur bisnis terutama bagi produsen dan sponsor yang berkontribusi di dalamnya.

Alasan bisnis ini dikira masuk akal setelah Bos tim Avintia Ducati, RUben Xaus mengungkapkan finansial timnya berada di 'zona merah.' Meski Dorna sudah memberikan insentif, sponsor tak dapat memberikan uang tanpa adanya balapan.

Lantas apakah secara finansial balapan tertutup dapat mengurangi beban? Pastinya balapan tertutup akan kehilangan pemasukan dari venue penonton. Jika begitu, untuk setiap balapan Dorna perlu mengeluarkan uangnya sendiri untuk menutupi biaya penggunaan sirkuit selain juga membantu tim lain untuk bertahan hidup.

Terlepas dari semua probabilitas itu keputusan kembali ada di tangan Dorna. Ada risiko dan keuntungan yang bisa diterima dari setiap opsi yang akan diambil.



Simak Video "MotoGP Batalkan 3 Seri Balapan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com