Selasa, 14 Apr 2020 15:17 WIB

Masih Bandel, Ada 3.474 Pelanggaran di Hari Pertama Penindakan PSBB Jakarta

Doni Wahyudi - detikOto
Pemkot Surabaya mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran corona. Namun penerapannya belum serentak di 19 titik. Banyak pelanggaran PSBB ditemukan Polda Metro Jaya pada Senin (13/4) kemarin (Deny Prastyo Utomo/detikOto)
Jakarta -

Masih banyak warga DKI Jakarta yang membandel di tengah penerapan PSBB. Pada hari pertama penindakan, Senin (13/4), terdapat 3.474 pelanggaran yang dicatat Polda Metro Jaya.

"Senin kemarin ada sebanyak 3.474 pelanggaran" kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari situs resmi NTMC.

Meski sudah diberlakukan sejak Jumat (10/4) pekan lalu, Polda Metro baru memberlakukan penindakan pada awal pekan ini. Sementara tiga hari pertama digunakan sebagai ajang sosialisasi bagi para pengguna kendaraan di Jakarta.



Meski sudah melakukan penindakan, tidak ada pemberian sanksi diberikan oleh petugas polisi. Pelanggar hanya diberikan teguran tertulis yang datanya tersimpan. Jika kembali melakukan pelanggaran, baru akan diberikan sanksi.

Menurut Sambodo, pelanggaran terbesar yang ditemui adalah tidak memakai masker. Lalu mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang dibolehkan, yakni 50% dari total daya tampung.

"Paling tidak memakai masker, itu ada 2.304 pelanggaran, terus 787 pelanggaran (jumlah penumpang) melebihi 50 persen kapasitas mobil, dan 383 pengendara roda dua berboncengan tidak satu alamat," jelas dia.



"Kita berikan blangko teguran dan berjanji tidak akan mengulangi," tambahnya.



Simak Video "Selama 28 Hari, Polda Metro Bikin 25.691 Kendaraan Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com