Senin, 13 Apr 2020 17:42 WIB

Bisakah Helm Full Face Tangkal Virus Corona?

Luthfi Anshori - detikOto
Helm-helm termahal di IMOS 2018 Ilustrasi helm full face.Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta -

Penggunaan masker kini menjadi hal yang wajib untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bagi pengendara motor, bisakah helm full face menangkal virus tersebut?

Seorang bikers bernama Ryan mengaku telah menggunakan helm full face sebagai pengganti masker pencegah virus.

Kepada Jalopnik, Ryan berkata telah menggunakan jaket hoodie dengan helm full face saat dirinya berbelanja ke supermarket. Ia pun mengaku nyaman dengan hal itu, ketimbang harus memakai kain penutup biasa.

Lantas, apakah efektif menjadikan helm full face sebagai jaring penangkap berbagai virus jahat seperti Corona?

Supaya bisa memiliki fungsi itu, helm harus memiliki semacam lapisan yang bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Helm tanpa fitur itu, tentunya tidak efektif dijadikan sebagai masker.

Terlebih helm full face memiliki banyak ruang terbuka seperti celah di bawah dagu, hingga ventilasi. Artinya virus masih bisa masuk ke dalam tubuh.

Sebelumnya, dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog Omni Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD, pernah mengatakan bahwa helm full face justru bisa jadi media penularan virus Corona. Utamanya jika helm itu dipakai secara bergantian oleh banyak orang.

Mengutip laman CDC, kain penutup wajah sejauh ini masih menjadi alternatif sederhana untuk mencegah paparan COVID-19. Maka itu sebelum menggunakan helm saat berkendara motor, maka pastikan memakai masker terlebih dahulu atau jika tidak ada, bisa menggunakan balaclava.



Simak Video "WHO Sarankan Usia 60 Tahun Pakai Masker Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com