Sabtu, 11 Apr 2020 09:48 WIB

Psssttt....Kata Peneliti Lebih Aman Perempuan yang Bawa Mobil Dibanding Pria

Doni Wahyudi - detikOto
Model Faradina di balik setir Peugeot 3008 Pengemudi perempuan lebih aman dibanding pengemudi pria. Itu kata penelitian, lho (dok detikOto)
Jakarta -

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau perempuan yang membawa mobil lebih aman dibanding jika pria yang berada di balik kemudi.

Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan oleh University of Westminster. Kesimpulan tersebut didapat setelah mereka mendata catatan kecelakaan dari kepolisian, data stastistik lalu-lintas, dan biro travel nasional Inggris.

Yang diteliti juga bukan sekadar mobil pribadi. Pengguna motor, bus, taksi, dan bahkan sepeda juga masuk dalam penelitian tersebut.



Untuk mobil (pribadi), risiko pengemudi pria mengalami kecelakaan angkanya dua kali lipat dibanding pengemudi wanita. Atas alasan itulah mereka merekomendasikan wanita dipilih untuk mengemudikan alat-alat trasportasi publik.

"Kami menyarankan para pembuat kebijakan menambah keseimbangan gender dalam pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan aktivitas mengemudi, mempertimbangkan kalau pengguna jalan yang lain punya peluang terbunuh lebih besar akibat kecelakaan kendaraan yang dibawa pria ketimbang wanita," kata Dr Rachel Aldred dari University of Westminster.



Simak Video "Nahas, Remaja di Mamuju Tewas Tergilas Truk Saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com