Kamis, 09 Apr 2020 08:46 WIB

Polusi Berkurang, Indahnya Himalaya Bisa Dilihat dari Jarak Ratusan Kilometer

Doni Wahyudi - detikOto
Pegunungan Himalaya Polusi yang berkurang membuat Pegunungan Himalaya bisa dilihat dari India (Twitter @gauravbhanu89)
Jakarta -

Lockdown di India dan banyak wilayah lain di Asia menurunkan polusi udara ke level sangat rendah. Pegunungan Himalaya kini bisa dilihat dari India, yang berjarak ratusan kilomter.

Dalam tiga pekan terakhir pemerintah India menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona. Terlepas dari berbagai kontroversi yang kemudian muncul, penerapan lockdown membuat polusi di negara tersebut menurun drastis.

India selama ini dikenal sebagai salah satu negara dengan level polusi udara yang tinggi. Asap kendaraan dan industri menjadi penyumbang terbesar polusi tersebut.



Namun kini, seiring lockdwon, kondisi udara dan langit India terus membaik. Dikutip dari TheSun, langit yang bersih membuat warga Distrik Jalandhar di Punjab kini bisa menikmati pemadangan Pegunungan Himalaya yang megah itu.

Untuk diketahui, jarak Jalandhar ke wilayah Pegunungan Himalaya sekitar 201 kilometer. Ini adalah kali pertama dalam 30 tahun terakhir warga distrik tersebut bisa melihat lagi Himalaya.

"Tak pernah membayangkan sebelumnya kalau ini bisa terjadi...indikasi bersihnya udara atas polusi yang kita berikan pada bumi. Inilah pemandangannya," tulis mantan pemain kriket India, Harbhajan Singh, di Twitter.



Dewan Pengendali Polusi India melaporkan, lockdown yang dilakukan di seluruh negara telah memberi dampak besar pada penurunan polusi udara. Sampai Rabu (8/4) kemarin India mencatat ada 5.480 kasus virus Corona, dan korban meninggal dunia sebanyak 164 kasus.



Simak Video "Parahnya Kualitas Udara di Bosnia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com