Selasa, 07 Apr 2020 13:38 WIB

Tepatkah Kredit Kendaraan saat Pandemi Virus Corona?

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi kredit mobil Ilustrasi kredit kendaraan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi virus corona harus menjadi satu perhatian bersama, karena tingkat penularannya sangat cepat dan cukup mematikan. Akan tetapi bagi sebagian masyarakat, mungkin sudah memiliki rencana cukup lama untuk bisa memiliki kendaraan sebelum masa pandemi virus corona. Kira-kira tepat tidak ya melakukan pembelian kendaraan di masa pandemi virus corona saat ini?

Memang semuanya balik ke individu sesuai dengan perhitungan masing-masing. Akan tetapi menurut Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugraha, ada baiknya untuk menunda pembelian kendaraan terlebih dahulu di masa pandemi virus corona. Meski keputusan melakukan pembelian kendaraan bukan hal yang salah terlebih berdosa.

"Bila tujuan mencicil/kredit kendaraan untuk digunakan keperluan pribadi sehari-hari, menurut saya sebaiknya ditunda dulu," kata Andy.

Ilustrasi kredit Ilustrasi kredit Foto: shutterstock

"Hal ini dikarenakan, walaupun misal kita sangat yakin bahwa perusahaan tempat kita kerja nggak bakal kolaps (bangkrut-Red), tapi lebih baik dana untuk mencicilnya digunakan untuk membeli kebutuhan makanan ataupun suplemen yang bisa meningkatkan imunitas, serta dana darurat seandainya sampai harus mendapatkan perawatan kesehatan," Andi menambahkan.

Terlebih, lanjut Andy, pada masa pandemi virus corona ini kita diminta untuk tetap di rumah dan tidak melakukan banyak aktivitas.

"Toh dalam kondisi pandemi begini, kita juga sebaiknya tidak banyak keluar rumah apalagi jalan-jalan. Sehingga mobil yang kita beli, bakal akan nganggur aja (belum bisa digunakan -Red)," ujar Andi.

Namun Andy juga menjelaskan jika pembelian kendaraan di masa pandemi virus corona ini memang terpaksa dilakukan untuk bisa menunjang bisnis, tentu melakukan pembelian kendaraan bukan hal yang salah.

"Semisal untuk mengangkut barang-barang yang dijual, maka hal tersebut masih ok," terang Andy.

Akan tetapi ada catatan kecil untuk masyarakat yang ingin tetap melakukan pembelian kendaraan di masa pandemi virus corona seperti sekarang.

"Namun harus diperhatikan juga, bahwa kita sudah berhitung kita siap dan mampu dengan cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Dalam kondisi pandemi begini apalagi, yang tidak ada kepastian kapan akan berakhir. Maka potensi untuk bisnis kita tiba-tiba harus berhenti juga sangat besar, sehingga kita juga harus punya cadangan dana selain untuk kebutuhan sehari-hari, namun juga untuk membayar cicilannya," tutup Andy.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com