Sabtu, 04 Apr 2020 07:58 WIB

Honda Bikin Mobil Listrik Bareng GM

Rizki Pratama - detikOto
Logo Honda mobil Honda kerjasama dengan GM Foto: Honda
Jakarta -

Setelah menemukan baterai mobil listrik yang lebih hemat daya bernama ultium, General Motors kembali mengumumkan rencana besar lainnya. Masih seputar mobil listrik, Honda ternyata kepincut dengan teknologi baru GM ini.

GM telah menandatangani perjanjian dengan Honda untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik menggunakan teknologi baterai Ultium. Kerjasama ini bukan hal yang baru lagi di industri otomotif, namun kedekatan antara Honda dan GM cukup mengejutkan.

Sedikit mengenai bateri ultium, tujuan dibuat baterai ini adalah penggunaan biaya yang lebih rendah dari baterai lithium. Kemasan baterai ini cukup fleksibel untuk diterapkan dalam berbagai desain. Baterai ini akan menjadi sumber tenaga mobil-mobil listrik GM di masa mendatang.

Platform dan baterai ultium mobil listrik HondaPlatform dan baterai ultium mobil listrik Honda Foto: Pool (Autoevolution)

Dalam kerjasamanya dengan Honda, GM mobil listriknya dapat menghasilkan laba melalui harga yang sangat terjangkau.

"Kolaborasi ini akan menyatukan kekuatan kedua perusahaan, sementara skala gabungan dan efisiensi manufaktur pada akhirnya akan memberikan nilai lebih besar kepada pelanggan," kata Wakil Presiden Eksekutif AS Honda, Rick Schostek.

Kemitraan ini akan menghemat biaya pengembangan sehingga keuangan perusahaan lebih sehat. Produk-produk terbaru pun harusnya akan lebih cepat dihasilkan dengan dua kekuatan bergabung jadi satu.

"Kemitraan yang diperluas ini akan membuka skala ekonomi untuk mempercepat peta jalan elektrifikasi kami dan memajukan upaya industri kami yang terkemuka untuk mengurangi emisi gas rumah kaca," tambah Schostek.

Rencananya mobil hasil kerjasama perusahaan Amerika dan Jepang ini dapat dinikmati pasar pada tahun 2024. Untuk pengembangan dan produksinya akan berlangsung di pabrik GM di Amerika.



Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com