Jumat, 03 Apr 2020 22:06 WIB

Toyota dan BYD Luncurkan Perusahaan Patungan Buat Garap Mobil Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Ambivalent RD Prius PHV Concept. Ilustrasi mobil listrik Toyota Foto: Pool (autoindustriya)
Jakarta -

Toyota dan BYD resmi mengumumkan pembentukan perusahaan patungan untuk mengembangkan mobil listrik jenis Battery Electric Vehicles (BEV). Riset dan pengembangan BEV dijadwalkan mulai pada Mei 2020.

Perusahaan patungan ini bernama BYD TOYOTA EV Technology Co Ltd (BTET). Dua nama akan menjadi pucuk pimpinan, Hirohisa Kishi dari Toyota sebagai Chairman, dan Zhao Binggen dari BYD akan menduduki Chief Excecutif Officer (CEO).

Lokasi kantor pusat yang berada di distrik Pingshan, Shenzen, Provinsi Guangdong. Dengan total karyawan mencapai 300 orang. Baik BYD dan Toyota pun telah sepakat akan membagi secara rata total modal yang dibutuhkan.

BYD Qin 5BYD Qin 5 Foto: dok detikOto

"Para insinyur BYD dan Toyota akan berkerja sama dalam satu payung, mengembangkan BEV memiliki performa superior," kata CEO BTET, Hirohisha Kishi dalam keterangan resminya.

Toyota sudah memiliki pengalaman terkait mobil listrik ramah lingkungan sejak 1997. Sedangkan BYD sudah berdiri sejak tahun 1995, saat ini BYD menjadi raksasa otomotif China mobil listrik dan memiliki fokus dalam pengembangan baterai.

"Kerjasama ini akan fokus pada riset dan pengembangan BEV dengan transeger teknologi antara China dan Jepang."

"Perusahaan ini akan terus mengembangkan BEV yang lebih ramah lingkungan, aman, nyaman, dan pintar. Misi kami adalah untuk membuat mobilitas masa depan, serasi antara manusia dan alam," kata CEO BTET, Zhao Binggen.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com