Jumat, 03 Apr 2020 06:04 WIB

Tak Kuasa Hadapi Corona, Mitsubishi Tutup Pabrik di Jepang

Rizki Pratama - detikOto
Logo Mitsubishi Motor Mitsubishi tutup pabrik Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi corona yang berdampak besar pada industri menyebabkan aktivitas pabrik harus dihentikan. Mitsubishi Jepang pada Kamis (2/4/2020) sudah menyatakan akan menutup beberapa pabriknya.

Keputusan penutupan pabrik ini sudah diumumkan langsung oleh Mitsubishi melalui pernyataan resminya. Penutupan sementara ini merupakan hasil pertimbangan terhadap pasar global yang terus menurun akibat pandemi corona.

"Mitsubishi Motors Corporation akan menunda sementara jalur produksi beberapa pabrik di bawah ini setelah mempertimbangkan penurunan pasar global terhadap penyebaran global COVID-19 virus corona," tulis pernyataan tersebut seperti dilihat detikcom di situs resminya, Kamis (2/4/2020).

Ada tiga pabrik Mitsubishi di Jepang yang akan ditutup sementara. Pertama adalah pabrik di Okayama yang akan tutup dari tanggal 6-23 April 2020. Kedua, pabrik di Aichi tutup dari tanggal 9-17 April 2020. Ketiga, Pabrik di Gifu tutup dari tanggal 13-20 April 2020.

Terkait kabar terbaru mengenai aktivitas produksi pabrik Mitsubishi akan terus diperbarui melalui situs resminya tersebut.

Di Indonesia beberapa pabrik mobil sudah mulai memutuskan untuk mengurangi jam kerja atau menutup sepenuhnya produksi. Daihatsu menerapkan sistem bergantian pada karyawannya dengan kata lain setiap karyawan hanya masuk sehari dalam 2 hari. Pabrik Honda juga berencana akan menghentikan produksinya pada pertengahan bulan April 2020 ini.

Kedua merek yang sudah mengambil langkah pencegahhan penyebaran virus corona di lingkungan pabriknya ini juga menyatakan tidak ada pemotongan gaji pada karyawannya hingga saat ini.



Simak Video "Bentuk Dukungan Selebriti untuk Memerangi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com