Senin, 30 Mar 2020 19:35 WIB

Cara Mengajukan 'Libur' Cicilan Kredit Kendaraan

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi beli mobil Cara mendapatkan keringana kredit kendaraan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tak dapat dihindari pengurangan aktivitas kerja di tengah 'peperangan' melawan virus corona akan mengakibatkan kredit macet. Untuk itu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) mengeluarkan cara untuk menangguhkan tagihan cicilan.

Ada tata cara keringanan cicilan yang diurutkan menjadi 10 poin. Tata cara pengajuan keringanan cicilan ini telah disetujui dan diteken oleh Ketua Umum APPI Suwandi Siratno dan Sekretaris Jenderal APPI Sigit Sembodo.

Langkah pertama adalah mengisi formulir yang dapat diunduh dari situs resmi perusahaan pembiayaan. Formulir akan dikirimkan ke alamat surat elektronik nasabah sehingga tidak perlu untuk datang ke kantor pelayanan. Formulir yang sudah diterima dikirim kembali melalui surat elektronik setelah syaratnya disetujui oleh nasabah.

Keringanan yang ditawarkan berupa perpanjangan waktu, penundaan sebagian pembayaran, atau keringanan lainnya yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan pembiayaan. Nasabah yang dapat mengajukan keringanan ini adalah mereka yang terkena dampak langsung virus corona, pekerja sektor informal, tidak memiliki tunggakan sebelum tanggal 2 Maret 2020, pemilik kendaraan, dan kriteria lain yang ditetapkan perusahaan pembiayaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com