Minggu, 29 Mar 2020 09:23 WIB

Jabar Mulai Lakukan Drive-Thru Tes Corona, Ini Kategori yang Diperiksa

Luthfi Anshori - detikOto
Drive-thru tes corona di Bogor Drive-thru tes corona di Bogor.Foto: Instagram @ridwankamil
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mulai melakukan tes corona COVID-19 dengan sistem drive-thru. Salah satu wilayah yang sudah menerapkan prosedur tes ini adalah Kota Bogor.

Tampak dari postingan instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil (28/3/2020), Rapid Diagnose Test (RDT) ini diselenggarakan di kawasan Stadion GOR Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (29/3/2020).

Sesuai namanya, konsep drive-thru tes corona ini dilakukan dari dalam mobil peserta. Jadi peserta tidak perlu turun dari mobil, sehingga membuat kerumunan massa yang berpotensi menularkan virus.

Para petugas yang melakukan pemeriksaan menggunakan pakaian dekontaminasi hazmat (hazardous materials). Mereka dengan sigap memeriksa peserta tes yang mengantre bersama kendaraannya. Terlihat jarak antrean mobil cukup rapat.

Ridwan Kamil mengatakan drive-thru tes corona ini dibuka khusus untuk kategori B, yakni mereka yang memiliki profesi dengan interaksi sosial tinggi. Contohnya seperti tenaga kesehatan umum di puskesmas atau klinik, anggota Babinsa, anggota Babinkabtimas, pedagang di pasar, para ulama, pejabat publik, hingga petugas di sektor transportasi umum.

"Tidak ada turun dari kendaraan, sesuai surat panggilan dan nomor antrian, dan tidak ada interaksi fisik langsung. Hasilnya dikirim ke hape masing-masing," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil dalam postingannya.

"Yang tidak punya kendaraan, akan difasilitasi oleh pengurus RW masing-masing di wilayahnya," lanjutnya.

Selain Bogor, tes serupa rencananya juga akan diadakan untuk warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang di area Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi. Rapid test ini juga dibuka di Stadion Jalak Harupat untuk daerah lainnya, yang statistik pasiennya kecil.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Tarif Tertinggi Rapid Test Rp 150 Ribu, Sejumlah RS Kesulitan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com